Laporkan Masalah

Analisis Strategi Bersaing PT Suharda Tiga Putra dalam Industri Jasa Kebersihan

AMIN SUTOTO, T. Hani Handoko, Dr., M.B.A.

2022 | Tesis | Magister Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi bersaing PT Suharda Tiga Putra di industri jasa kebersihan yang berada di wilayah Semarang, melalui analisis lingkungan eksternal dengan analisis PESTEL, Porter Five Force�s untuk mengidentifikasi faktor sukses kunci di industri jasa kebersihan dan analisis lingkungan internal perusahaan dengan analisis rantai nilai dan analisis VRIN untuk mengidentifikasi sumber daya dan kapabilitas PT Suharda Tiga Putra untuk menciptakan keunggulan bersaing di industri jasa kebersihan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor sukses kunci di industri jasa kebersihan adalah kompetensi sumber daya, penggunaan teknologi, reputasi dan relasi perusahaan, dan jaringan kantor cabang. Ditemukan bahwa PT suharda Tiga Putra memiliki keunggulan bersaing di industri yaitu dengan kekuatan pada ketersediaan modal yang kuat, hubungan baik dengan agen pemasok, pengalaman yang panjang di industri jasa kebersihan, reputasi dan relasi yang kuat di industri sehingga memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi di industri. Selain itu, produk jasa layanan PT Suharda Tiga Putra bersifat fleksibel menyesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

This study aims to analyze the competitive strategy of PT Suharda Tiga Putra in the cleaning service industry in Semarang, through external environmental analysis, using PESTEL analysis, Porter Five Force's to identify key success factors in the cleaning service industry and analysis of the company's internal environment using value chain and VRIN analysis to identify the resources and capabilities of PT Suharda Tiga Putra to create a competitive advantage in the cleaning service industry. The results of this study show that the key success factors in the cleaning service industry are resource competence, technology use, company reputation and relations, and branch office network. It was found that PT Suharda Tiga Putra has a competitive advantage in the industry with strength in the availability of strong capital, good relations with supplier agents, long experience in the cleaning service industry, reputation and strong relationships in the industry so that it has a high level of trust in the industry. In addition, PT Suharda Tiga Putra's service products are flexible according to the needs of customers.

Kata Kunci : Strategi bersaing, industri jasa kebersihan PT Suharda Tiga Putra, analisis lingkungan eksternal perusahaan, analisis lingkungan internal perusahaan, strategi diferensiasi, faktor sukses kunci.

  1. S2-2022-470879-abstract.pdf  
  2. S2-2022-470879-bibliography.pdf  
  3. S2-2022-470879-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2022-470879-title.pdf