Laporkan Masalah

Pengaruh Faktor Manajemen Pengetahuan pada Kinerja Perusahaan dengan Inovasi dan Keunggulan Bersaing sebagai Variabel Mediasi di UMKM Mebel dan Kerajinan Ekspor di Jateng-DIY

IRWAN PRASETIYAWAN, Bayu Sutikno, S.E., M.S.M., Ph.D.

2022 | Tesis | Magister Manajemen

Salah satu komoditas ekspor non-migas yang memberikan nilai ekspor besar bagi Indonesia adalah komoditas kayu dan olahannya. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mebel dan kerajinan menjadi pelaku utama dan mayoritas dalam penentuan laju perekonomian sektor riil. UMKM mebel dan kerajinan juga memegang peran penting dalam perolehan devisa ekspor Indonesia. Kontribusi UMKM terhadap perkembangan perekonomian Indonesia dapat dilihat melalui kinerja perusahaan yang dimiliki oleh masing-masing UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kinerja perusahaan. Penelitian ini berfokus pada pengaruh dari faktor manajemen pengetahuan yang terdiri dari sistem informasi, modal manusia, dan proses terhadap kinerja perusahaan melalui variabel inovasi dan keunggulan bersaing. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 197 pemilik UMKM yang telah melakukan ekspor lebih dari dua tahum. Analisis yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM) dengan software smartPLS versi 4.0. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa sistem informasi dan proses memiliki pengaruh positif dan signifikan pada inovasi, modal manusia memiliki pengaruh positif dan signifikan pada keunggulan bersaing, serta inovasi dan keunggulan bersaing memiliki pengaruh positif dan signifikan pada kinerja perusahaan. Namun penelitian ini tidak berhasil membuktikan pengaruh positif sistem informasi dan proses pada keunggulan bersaing serta pengaruh positif modal manusia pada inovasi.

One of the non-oil and gas export commodities that provide large export value for Indonesia is wood and its processed commodities. Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) of furniture and handicrafts are the main and majority actors in determining the pace of the real sector economy. MSME furniture and handicrafts also play an important role in earning foreign exchange for Indonesia's exports. The contribution of MSMEs to the development of the Indonesian economy can be seen through the business performance owned by each MSME. This study aims to determine what factors can affect the business performance. This study focuses on the influence of knowledge management factors consisting of information systems, human capital, and processes on business performance through innovation and competitive advantage variables. This study uses quantitative methods with purposive sampling technique. The sample used is 197 MSMEs owners who have been exporting for more than two years. The analysis used is the Structural Equation Model (SEM) with smartPLS version 4.0 software. Based on the results of the analysis it can be seen that information systems and processes have a positive and significant influence on innovation, human capital has a positive and significant impact on competitive advantage, then innovation and competitive advantage have a positive and significant impact on company performance. However, this study failed to prove the positive influence of information systems and processes on competitive advantage and the positive influence of human capital on innovation.

Kata Kunci : Manajemen Pengetahuan, Sistem Informasi, Modal Manusia, Proses, Inovasi, Keunggulan Bersaing, Kinerja Perusahaan.

  1. S2-2022-465063-abstract.pdf.pdf  
  2. S2-2022-465063-bibliography.pdf  
  3. S2-2022-465063-tableofcontent.pdf.pdf  
  4. S2-2022-465063-title.pdf.pdf