RANCANGAN MODEL BISNIS AROMATERAPI "SOOTHING MIND"
AGNES ISKANDAR, Nofie Iman Vidya Kemal, S.E., M.Sc., Ph.D.
2022 | Tesis | Magister ManajemenHasil riset yang dilakukan Garmin pada tahun 2021 menyatakan bahwa Indonesia sebagai salah satu negara dengan tingkat stres paling tinggi di Asia pada tahun 2021 (Fundrika, 2021). Hasil data swaperiksa mandiri yang dilakukan PDSKJI (2022) juga menunjukkan 75% responden diketahui memiliki masalah psikologis. Salah satu alternatif dalam mengurangi gejala stres berlebihan yaitu dengan menggunakan aromatherapy roll-on yang mengandung minyak atsiri. Pendirian usaha bisnis produk dengan bahan dasar alami seperti Soothing Mind menjadi peluang tersendiri di tengah masyarakat yang semakin sadar akan pola hidup sehat. Rancangan model bisnis Soothing Mind disusun berdasarkan data hasil kuesioner dan wawancara dengan beberapa pemilik bisnis serupa. Data hasil kuesioner diterjemahkan ke dalam kanvas desain proposisi nilai untuk menciptakan nilai produk bagi pelanggan. Hasil desain proposisi nilai, data hasil wawancara, dan kuesioner kemudian digunakan untuk merumuskan model bisnis Soothing Mind menggunakan kerangka kanvas model bisnis Ramping. Analisis kelayakan bisnis secara finansial juga dilakukan untuk memperkuat rancangan model bisnis. Hasil analisis NPV, IRR, dan PP menunjukkan nilai yang positif yang menunjukkan bahwa model bisnis Soothing Mind layak dijalankan. Kata kunci: stres, ansietas, minyak atsiri, aromaterapi
The research conducted by Garmin in 2021 stated that Indonesia was one of the countries which had the highest stress levels in Asia in 2021 (Fundrika, 2021). The results of self-examination data conducted by PDSKJI (2022) also showed that 75% of respondents were known to have psychological problems. One alternative in reducing the symptoms of excessive stress is to use an aromatherapy roll-on containing essential oils. The establishment of a business with natural ingredients product such as Soothing Mind is an opportunity in the midst of people who are increasingly aware of a healthy lifestyle. The design of the Soothing Mind business model is formulated based on data from questionnaires and interviews with several similar business owners. Data resulted from questionnaires are translated into a value proposition design canvas to create product value for customers. The results of the value proposition design, interview data, and questionnaires are then used to construct the Soothing Mind business model using the Ramping canvas framework. Financial feasibility analysis is also carried out to strengthen the business model design. The results of the analysis of NPV, IRR, and PP show positive values which indicate that the Soothing Mind business model is feasible to conduct. Keywords: stress, anxiety, essential oil, aromatherapy
Kata Kunci : stres, ansietas, minyak atsiri, aromaterapi/ stress, anxiety, essential oil, aromatherapy