EVALUASI EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PENERAPAN APLIKASI KASIR DALAM PENGENDALIAN INTERNAL UMKM
NICK ALEXANDER W, Fitri Amalia, S.E., M.Sc., Ph.D.
2022 | Skripsi | S1 AKUNTANSIAplikasi kasir atau dikenal juga sebagai aplikasi point of sales (POS) telah digunakan berbagai jenis usaha. Pada jaman ini, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) juga berhasil menerapkan penggunaan aplikasi POS untuk transaksi usahanya. Aplikasi POS juga dapat menghasilkan informasi-informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan sehingga memungkinkan penggunanya untuk kebutuhan pengendalian internal. Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas dan efisiensi mengidentifikasi penggunaan aplikasi POS untuk pengendalian internal bagi usaha restoran pada tingkat UMKM, lalu menilai efektivitas dan efisiensi dari penggunaaan aplikasi POS tersebut dalam pengendalian internal menggunakan internal control questionnaire (ICQ) yang beracuan pada kerangka COSO sebagai alat ukur penerapan pengendalian internal. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk menjelaskan proses-proses terkait penggunaan aplikasi POS, dan penerapan pengendalian internal yang telah dilakukan oleh UMKM. Hasil penelitian menunjukan bahwa aplikasi POS dapat memenuhi penerapan empat dari lima komponen pengendalian internal, komponen yang belum terpenuhi adalah komponen lingkungan pengendalian yang menandakan bahwa aplikasi POS bukanlah bagian inti dari pelaksanaan usaha. Penggunaan aplikasi POS belum sepenuhnya dapat digunakan untuk pengendalian internal yang diakibatkan oleh kelemahan bawaan dari sistem aplikasi POS itu sendiri. Kelemahan aplikasi POS yang digunakan UMKM adalah aplikasi POS belum dapat melakukan fungsi korektif untuk pengendalian, hal tersebut juga menjadi kunci mengapa aplikasi POS belum dapat dinilai efektif dan efisien sebagai media pengendalian internal.
Cash register application or point of sales (POS) have been used by various types of businesses. Nowadays small, and medium enterprises (SME) have also successfully implemented the use of POS applications for their business transactions. The POS application can also generate information needed for decision making so that it allows its use for internal control needs. The purposes of this research are to identify the use of POS applications for internal control for restaurant businesses at the SME level, then assess the effectiveness and efficiency of the use of POS applications in internal control using the internal control questionnaire (ICQ) which refers to the COSO framework as a measuring tool for internal control implementation. This research was conducted using a qualitative approach with a descriptive method to explain the processes related to the use of POS application system, the implementation of internal controls that have been carried out by SMEs. The results showed that the POS application can fulfil the implementation of four of the five components of internal control, the component that has not been fulfilled is the control environment component which indicates that the POS application is not a core part of business implementation. The use of POS applications cannot be fully used for internal control due to the inherent weaknesses of the POS application system itself. The weakness of the POS application used by SMEs is that the POS application has not been able to perform corrective functions for control, this is also the key to why the POS application cannot be considered effective and efficient as a medium for internal control.
Kata Kunci : evaluasi, aplikasi kasir, aplikasi POS, pengendalian internal, COSO, UMKM / evaluation, cash register application, point of sales, internal control, COSO, SME