Laporkan Masalah

Pengaruh Edukasi Video Nurturing Care Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Ibu Pada Pengasuhan Anak Usia 0-3 Tahun Selama Masa Pandemi Covid-19

NISA NUR HASANAH, Dr. Fitri Haryanti, S.Kp., M.Kes.; Lely Lusmilasari, S.Kp., M.Kes., Ph.D

2022 | Tesis | MAGISTER KEPERAWATAN

Latar belakang: Periode emas anak sebagai dasar untuk kesehatan dan kesejahteraan di kemudian hari; oleh karena itu, fondasi yang kuat menjadi faktor penting dalam potensi perkembangan anak, yang telah dikonseptualisasikan sebagai Nurturing Care. Pengetahuan dan sikap ibu dalam pengasuhan anak 0-3 tahun masih kurang baik. Oleh karena itu penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi kesehatan menggunakan video dan leafltet Nurturing Care terhadap pengetahuan dan sikap ibu dalam pengasuhan anak 0-3 tahun selama masa pandemi Covid-19. Metode: Penelitian ini menggunakan rancangan quasi-experimental rancangan grup dengan Kalurahan Condongcatur sebagai kelompok intervensi dan Kalurahan Caturtunggal yang menjadi kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan teknik consequtive sampling pada 89 ibu yang memiliki anak 0-3 tahun (kelompok intervensi =40 dan kelompok kontrol =49). Kelompok intervensi diberikan edukasi kesehatan menggunakan video yang diberikan melalui tautan whatsapp dan kelompok kontrol diberikan leaflet secara langsung. Pengambilan data dilakukan pada Mei-Agustus 2022, selama 4 minggu yaitu sebelum pemberian intervensi, dan 2 minggu setelah video dan leaflet diberikan (posttest). Instrumen yang digunakan dimodifikasi dari kuesioner Knowledge, Attitude, and Practice (KAP) dikembangkan oleh UNICEF. Pengaruh edukasi dianalisa menggunakan independent t-test, analisis bivariat menggunakan uji Pearson dan Anova, dan regresi linear berganda untuk mengetahui faktor yang paling dominan memengaruhi pengetahuan dan sikap ibu pada pengasuhan anak 0-3 tahun selama masa pandemi Covid-19. Hasil: Terdapat peningkatan skor pengetahuan dan sikap yang signifikan antara kelompok intevensi dan kontrol p<0,05 setelah diberikan edukasi Nurturing Care. Edukasi kesehatan menggunakan video hanya berpengaruh terhadap pengetahuan ibu dalam pengasuhan anak 0-3 tahun selama masa pandemi Covid-19. Berdasarkan hasil uji regresi linear berganda bahwa edukasi kesehatan menggunakan merupakan faktor dominan yang memengaruhi pengetahuan, sedangkan tidak ada faktor dominan dalam penelitian ini yang memengaruhi sikap ibu dalam pengasuhan anak 0-3 tahun selama masa pandemi Covid-19. Kesimpulan: Edukasi video Nurturing Care dapat meningkatkan pengetahuan ibu dalam pengasuhan anak 0-3 tahun selama masa pandemi Covid-19. Faktor paling dominan yang memengaruhi pengetahuan ibu adalah pemberian edukasi kesehatan Nurturing Care.

Background: The golden period of the child as the basis for health and well-being in later life; Therefore, a strong foundation becomes an important factor in a child's developmental potential, which has been conceptualized as Nurturing Care. Knowledge and attitudes of mothers in the care of children 0-3 years are still not good enough. Therefore, this study aims to determine the effect of health education using videos and Nurturing Care leaflets on the knowledge and attitudes of mothers in caring for children 0-3 years during the Covid-19 pandemic. Methods: This study used a quasi-experimental group design with Kalurahan Condongcatur as the intervention group and Kalurahan Caturtunggal as the control group. This study used a consecutive sampling technique on 89 mothers with children 0-3 years old (intervention group = 40 and control group = 49) to determine the effect of Nurturing Care videos on the knowledge and attitudes of mothers in caring for children 0-3 years during the Covid-19 pandemic. 19. The intervention group was given health education using videos provided via a whatsapp link and the control group was given leaflets directly. Data collection was carried out in May-August 2022, for 4 weeks before the intervention was given, and 2 weeks after the video and leaflets were given (posttest). The instrument used was modified from the Knowledge, Attitude, and Practice (KAP) questionnaire developed by UNICEF. The effect of education was analyzed using an independent t-test, bivariate analysis using the Pearson and Anova test, and multiple linear regression to determine the most dominant factors influencing mother's knowledge and attitudes in parenting children 0-3 years during the Covid-19 pandemic. Results: There were significant differences in knowledge and attitudes between the intervention and control groups p<0.05; except for the attitude in the control group (p=0.010). Health education using videos only affects the knowledge of mothers in caring for children 0-3 years during the Covid-19 pandemic. Based on the results of the multiple linear regression test that health education using is the dominant factor that affects knowledge, while there is no dominant factor in this study that affects the attitude of mothers in caring for children 0-3 years during the Covid-19 pandemic. Conclusion: Nurturing Care video education can increase the knowledge of mothers in caring for children 0-3 years during the Covid-19 pandemic. The most dominant factor influencing mother's knowledge is health education on Nurturing Care.

Kata Kunci : Edukasi kesehatan, Nurturing Care, pengetahuan, sikap, pandemi Covid-19, Health education, Nurturing Care, Knowledge, Attitude, the Covid-19 pandemi

  1. S2-2022-466285-abstractt.pdf  
  2. S2-2022-466285-bibliography.pdf  
  3. S2-2022-466285-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2022-466285-title.pdf