Komparasi Fitur Pada Situs Web E-Commerce Dengan Metode Automation Testing Menggunakan Robot Framework
DIAZ SAUFA YARDHA, Dr. Sri Mulyana, M.Kom.
2022 | Skripsi | S1 ILMU KOMPUTERTerdapat berbagai jenis e-commerce berbasis website yang bisa diakses oleh masyarakat. Setiap e-commerce tentunya memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk mendapatkan barang tertentu. Untuk mempermudah pencarian barang, pihak pengembang e-commerce menyediakan fitur membantu pencarian untuk mempersempit kriteria produk agar sesuai dengan keinginan pengunjung. Akan tetapi, terdapat perbedaan kinerja dari setiap fitur sehingga mempengaruhi hasil pencarian dan tentunya kepuasan pengguna. Untuk melakukan percobaan di berbagai website dan dilakukan berulang kali, dibutuhkan program automasi untuk mendapatkan hasil yang optimal sehingga dipilih robot framework untuk membantu mengimitasi perilaku user sekaligus mengambil data hasil pencarian setelah dikenakan fitur-fitur pembantu pencarian terhadap beberapa produk. Hasil pengujian menunjukkan bahwa hanya satu fitur yang menampilkan hasil 100% sesuai dengan fitur pembantu pencarian yang diaktifkan, yaitu filter berdasar harga terendah yang dimasukkan pengguna. Selain fitur tersebut, e-commerce yang diuji memiliki hasil yang fluktuatif akurasinya. Dalam pengaktifan fitur tertentu pun pengguna membutuhkan waktu lebih untuk menunggu website untuk merespon, seperti saat membuka website dan melakukan pencarian suatu produk.
There are a lot of websites-based e-commerce that can be accessed by people from Indonesia. Each and every e-commerce has the same function, that is to search for a product. To make the product finding easier, the e-commerce developer makes a searching option to narrow down the criteria of product for the user. But for each and every of those features, there are performance differences that can affect search results and the users' satisfaction. We need to use an automated program so that we can do tests on a couple of websites, a couple of times and at the same time get an optimal result. For that reason, we choose Robot Framework to imitate users' behavior and get the data from search results that have been influenced by the search filter features on a couple of products. The results show that only one search filter feature can show the products according to the filter that has been selected, that filter is filter by lowest price. The other features that have been tested on e-commerce websites have varying accuracy. When activating the search filter feature, users need to wait for a dozen seconds for the website to respond, for example, when the user wants to open the website or search for a product.
Kata Kunci : e-commerce, website, robot framework, automation testing