Laporkan Masalah

Peak Music Experience dan Replikasi Perasaan Melalui Meme: Studi Kasus Pendengar Prontaxan di Yogyakarta

ILHAM MUAMMAR SHIDIQ, Dr. Oki Rahadianto Sutopo

2022 | Tesis | MAGISTER KAJIAN BUDAYA DAN MEDIA

Penelitian ini mencoba untuk menelaah bagaimana aspek-aspek di luar kelas sosial dan ekonomi berpengaruh bagi kehidupan seseorang dalam hal ini adalah musik dan juga persepsinya terhadap hal-hal yang berkaitan dengan musik tersebut. Tergabungnya kaum muda sebagai bagian dari kelompok indie tidak serta merta memberikan pagar yang tinggi bagi pilihan musik yang mereka dengarkan bahkan justru membuka pandangan mereka kepada musik-musik lain. Menggunakan kerangka peak music experience penelitian ini mencoba untuk melihat bagaimana pengalaman-pengalaman seseorang yang menonjol bagi dirinya dapat berperan sebagai sebuah ephipany dan mempengaruhi mereka dalam mengambil keputusan-keputusan dalam kehidupan mereka. Tak hanya pengalaman yang didapatkan dari mendengarkan musik atau menonton pertunjukan Prontaxan namun juga pengalaman yang didapatkan dari melihat meme-meme yang merupakan salah satu media promosi Prontaxan.

This study aim to explore how the aspects outside social class and economy influence people's choices in their lives especially in music as well as their perception towards the things related to the music. The youth choice to be a part of an indie community did not prevent them from listening and enjoying to music other than indie music, but otherwise it allowed them to interact with other kind of music. Using peak music experience this study aim to explore how people's intense experiences could act as an ephipany and influence their choices in their lives, not only the experiences they get from listening or attending Prontaxan live concert but also the experiences from the memes Prontaxan shared.

Kata Kunci : kaum muda, indie, funkot, peak music experience, meme

  1. S2-2022-435122-abstract.pdf  
  2. S2-2022-435122-bibliography.pdf  
  3. S2-2022-435122-tableofcontents.pdf  
  4. S2-2022-435122-title.pdf