Laporkan Masalah

ANALISIS PERILAKU PENGGUNAAN PRODUK PERAWATAN KULIT WAJAH PADA LAKI-LAKI DEWASA AWAL MENGGUNAKAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR

BONANG PRAYOJANA, Rahmat Hidayat, S.Psi. M.Sc., Ph.D.

2022 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

Perilaku merawat diri menggunakan skincare biasanya diasosiasikan dengan kegiatan perempuan, padahal sebenarnya laki-laki juga memerlukan skincare karena hampir tidak ada perbedaan struktur kulit antara laki-laki dan perempuan. Sekarang tren sudah berubah, sudah lebih banyak laki-laki yang sadar akan pentingnya menggunakan skincare. Berdasarkan data internasional, ukuran pasar untuk produk perawatan diri memiliki nilai sebesar 47,5 miliar USD dengan produk skincare sebesar 44,2% dari nilai tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini ditujukan untuk meneliti penggunaan skincare pada laki-laki dewasa awal dengan menggunakan theory of planned behavior. Penelitian ini menggunakan theory of planned behavior karena teori tersebut sering digunakan untuk memprediksi suatu perilaku. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode survei. Terdapat 350 partisipan dengan usia 18-39 tahun pada penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sikap, norma subjetif, dan perveived behavioral control dapat memprediksi perilaku penggunaan skincare pada laki-laki dewasa awal secara simultan.

Skincare usage is usually associated with women, but actually men also need skincare because biologically there�s almost no difference between men and women. Now the trend has change, men already realize about the importance of using skincare. According to international data, the market size of personal care product is valued at 47,5 billion USD with market size for skin care is 44,2% of the value. The purpose of this study is to analyze men facial skincare usage especially in young adult with theory of planned behavior. This study is conducted with survey method. There are 350 participants in this study. This study found that attitude, subjective norm, and perceived behavioral control can predict men skincare usage.

Kata Kunci : skincare, TPB, sikap, norma subjektif, perceived behavioral control

  1. S1-2022-427940-abstract.pdf  
  2. S1-2022-427940-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-427940-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-427940-title.pdf