Laporkan Masalah

ANALISIS FAKTOR KETERLAMBATAN PENGIRIMAN UDANG DI PT. DISANTA

M KEMAL PADRIANO, Luluk Lusiantoro, S.E., M.Sc., Ph.D

2022 | Tesis | Magister Manajemen

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan keterlambatan pengiriman udang yang ada di PT. Disanta dan strategi pengembangan yang dapat dilakukan untuk mengurangi keterlambatan yang terjadi. Penelitian ini bersifat deskriptif yang menjelaskan analisis dari studi kasus secara terinci terkait keterlambatan pengiriman yang dilakukan oleh PT. Disanta. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu wawancara dengan jenis semi-structured, observasi non-partisipan, dan studi dokumen. Data yang telah diperoleh selanjutnya akan diolah yang kemudian menghasilkan diagram fishbone. Berdasarkan hasil analisis, peneliti menemukan faktor keterlambatan yang dibedakan ke dalam empat kategori, yaitu metode, tenaga kerja, mesin, dan lingkungan. Adapun faktor keterlambatan yang ditemukan yaitu proses panen yang lama, keterlambatan alur informasi, kekurangan tenaga kerja tim panen maupun sopir armada truk, armada truk yang bermasalah, proses bongkar muat yang lama, lalu lintas yang macet, dan cuaca buruk. Berdasarkan faktor keterlambatan yang telah ditemukan, peneliti menyusun strategi pengembangan yang tepat untuk mengurangi keterlambatan yang terjadi. Strategi yang disarankan yaitu penggunaan visual inspection pada proses sortasi, penggunaan aplikasi perekam data, pembukaan lowongan kerja secara resmi, pelatihan tenaga kerja tim panen, perluasan gudang, pembuatan SOP untuk tenaga kerja sopir, mengatur waktu keberangkatan, dan melakukan pengecekan terhadap ramalan cuaca.

This research is conducted to identify several factors that affects delayed shrimp delivery in PT. Disanta and possible development strategies which may reduce the number of delays. This research is a descriptive study, which describes an analysis of a comprehensive case study about delayed deliveries within PT. Disanta. This research gathers data by conducting semi-structured interviews, non-participant observations, and document study. Gathered data were then processed, producing a detailed fishbone diagram. Based on analysis results, this research has found several contributing factors of delays which were divided into four categories, which are method, man, machine, and environment. Furthermore, several identified contributing factors of delays are long harvesting process, late information relays, lack of manpower from harvesting team and logistics team, troubled vehicles, extensive loading and unloading process, traffic jam, and bad weather. Based on these identified factors, researcher has produced several development strategies to reduce any further possible delays. Recommended strategies include visual inspection application on sortation process, data recording system application, official job opening system, employee training program, warehouse expansion, producing SOPs for truck drivers, truck departure scheduling, and keeping the staff updated with the weather forecast.

Kata Kunci : faktor keterlambatan, keterlambatan pengiriman, budidaya udang vannamei, diagram fishbone/factor of delays, delayed deliveries, vannamei shrimp cultivation, fishbone diagram

  1. S2-2022-452507-abstract.pdf  
  2. S2-2022-452507-bibliography.pdf  
  3. S2-2022-452507-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2022-452507-title.pdf