Laporkan Masalah

Kehidupan Tunawisma dalam Novel Mukhayyalah al-Khandaris Karya 'Abd al-'Aziz Barakah Sakin dan Hubungannya dengan Masyarakat Sudan: Analisis Sosiologi Sastra

ZAID ASIDIK PUA JIWA, Hamdan, M.A.

2022 | Skripsi | S1 SASTRA ARAB

Tujuan dari penelitian ini adalah mengungkapkan kehidupan tunawisma dalam novel Mukhayyalah al-Khandaris karya Abd al-Aziz Barakah Sakin dan hubungannya dengan masyarakat Sudan dengan memanfaatkan teori sosiologi sastra. Metode penelitian yang digunakan dalam mengkaji novel Mukhayyalah al-Khandaris adalah metode deskriptif analisis. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah fakta literer tentang tunawisma dalam novel Mukhayyalah al-Khandaris dan tulisan tentang tunawisma dalam masyarakat Sudan. Hasil penelitian ini menunjukkan tiga fakta tentang tunawisma dalam novel Mukhayyalah al-Khandaris. Pertama, kehidupan tunawisma dan anak jalanan di Sudan sangat memprihatinkan. Mereka miskin, tinggal di Khors, terlibat dalam perilaku berisiko, makan sisa makanan, kelaparan, diejek dan dihina, dan rentan terhadap penyakit. Kedua, tunawisma dan anak jalanan di Sudan memiliki kontak atau hubungan dengan pekerja sosial dari organisasi sosial yang bergerak di bidang kemanusiaan. Kontak yang terjadi adalah, organisasi sosial yang mencoba membantu dan menyelamatkan para tunawisma yang kelaparan dan melindungi mereka. Ketiga, para tunawisma dan anak jalanan di Sudan juga melakukan kontak atau hubungan dengan masyarakat Sudan pada umumnya. Kontak yang terjadi memiliki konotasi positif dan negatif. Novel Mukhayyalah al-Khandaris mengandung pesan bahwa akibat konflik yang berkepanjangan, kemiskinan dan masalah sosial lainnya dapat menyebabkan perubahan sosial dan ekonomi. Di sisi lain, dalam kehidupan bermasyarakat pasti ada orang baik dan orang jahat.

The purpose of this study is to reveal the life of the homeless in the novel Mukhayyalah al-Khandaris by Abd al-Aziz Barakah Sakin and its relationship with Sudanese society, by utilizing the sociology of literature theory. The research method used in the study of the novel Mukhayyalah al-Khandaris is descriptive analysis. The data used in this study are literary facts about homelessness in the novel Mukhayyalah al-Khandaris and writings about homelessness in Sudanese society. The results of this study show three facts about the homeless in the novel Mukhayyalah al-Khandaris. First, the lives of the homeless and street children in Sudan are very concerning. They are poor, live in Khors, engage in risky behavior, eat leftovers, starve, are ridiculed and humiliated, and are prone to disease. Second: the homeless and street children in Sudan have contacts or relationships with social workers from social organizations working in the humanitarian field. The contacts that occur are, social organizations would try to help and save the hungry homeless people and protect them. Third: the homeless and street children in Sudan also have contact or relations with the Sudanese society in general. The contact that occurs has both positive and negative connotations. The novel Mukhayyalah al-Khandaris contains a message that due to prolonged conflict, poverty and other social problems can cause social and economic changes. On the other side, in social life, there must be good people and bad people.

Kata Kunci : Mukhayyalah al-Khandaris, sosiologi sastra, tunawisma, The Khandarees, sociology of literature, homeless

  1. S1-2022-430949-abstract.pdf  
  2. S1-2022-430949-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-430949-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-430949-title.pdf