Laporkan Masalah

Peran Motivasi Intrinsik dan Dukungan Sebaya terhadap Kepatuhan Peserta Didik pada Lembaga Kursus Bahasa Inggris

DHIAN UNTARI, Dr. Arum Febriani, S.Psi., M.A.

2022 | Tesis | MAGISTER PSIKOLOGI PROFESI

Dalam mencapai salah satu tujuan pendidikan yaitu efektivitas pembelajaran dibutuhkan serangkaian kepatuhan dalam belajar yang ditunjukan oleh peserta didik. Melalui kepatuhan dalam belajar, peserta didik dapat mewujudkan proses belajar yang baik serta mengoptimalkan keberhasilan belajar yang dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran motivasi intrinsik dan dukungan sebaya terhadap kepatuhan peserta didik pada lembaga kursus bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah partisipan sebanyak 225 peserta didik yang berada di Kampung Inggris Pare. Instrumen yang digunakan adalah skala kepatuhan, skala motivasi intrinsik, dan skala dukungan sebaya. Hasil uji regresi berganda menunjukan bahwa terdapat peran yang signifikan antara motivasi intrinsik dan dukungan sebaya secara bersama-sama dalam memprediksi kepatuhan. Adapun sumbangan efektif yang diberikan motivasi intrinsik dan dukungan sebaya terhadap kepatuhan sebesar 17,8%.

In achieving one of the educational goals, namely the effectiveness of learning, a series of obedience in learning is needed to be shown by students. Through their obedience, students can realize a good learning process and optimize the learning success achieved. This study aims to determine the role of intrinsic motivation and peer support in students' obedience to English courses. This study used a purposive sampling method with a number of participants of as many as 225 students who were in the Kampung Inggris Pare. The instruments used were the obedience scale, the intrinsic motivation scale and the peer support scale. The results of the multiple regression test showed that there was a significant role for intrinsic motivation and peer support together in predicting obedience. The effective contribution given by intrinsic motivation and peer support to obedience is 17.8%.

Kata Kunci : motivasi intrinsik, dukungan sebaya, kepatuhan, peserta didik, lembaga kursus bahasa Inggris

  1. S1-2022-448953-abstract.pdf  
  2. S2-2022-448953-bibliography.pdf  
  3. S2-2022-448953-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2022-448953-title.pdf