Laporkan Masalah

Rencana Bisnis Kafe Kumpul : Kafe Dengan Konsep Seasonal

ALYA SHOFIA A N, Risa Virgosita, S.E., M.SC., Ph.D.

2022 | Tesis | Magister Manajemen

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbanyak di dunia khususnya pada jenis kopi Robusta di lain sisi Indonesia juga menempati peringkat kedua konsumsi kopi terbanyak di dunia. Fakta ini menjadi pendukung berkembangnya tren Coffee Shop atau Kafe di Indonesia khususnya di Yogyakarta. Berkembangnya Kafe di Yogyakarta dibarengi juga tren kedai kopi tradisional yang semakin berkembang, namun dari berbagai jenis bisnis yang berkembang peneliti melihat adanya keseragaman konsep yang monoton serta kurangnya keberagaman konsep yang dipilih para pelaku bisnis. Sehingga melalui penelitian ini peneliti menawarkan ide baru untuk kafe dengan menggunakan konsep seasonal dan tematik yang menyesuaikan tren pasar. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif deskriptif dengan sumber data diperoleh melalui observasi, kuesioner, wawancara dan sumber data sekunder. Data yang diperoleh digunakan sebaga dasar peneliti dalam menyusun rencana bisnis milik Kafe Kumpul dengan harapan hasil rencana bisnis akan dapat secara efektif dan maksimal diaplikasikan dalam penderian Kafe Kumpul serta menjadi inspirasi bagi para pelaku bisnis di industri terkait untuk mendapat ide kreatif mengenai konsep kafe nya.

Indonesia is one of the largest coffee-producing countries in the world, especially in the type of Robusta coffee, on the other hand, Indonesia also ranks second for the most coffee consumption in the world. This fact is one of big reason why growing trend of Coffee Shops or Cafes in Indonesia is high , especially in Yogyakarta. The development of cafes in Yogyakarta is accompanied by the growing trend of traditional coffee shops, but from the various types of businesses that have developed, researchers have noticed that there is a monotonous uniformity of concepts and a lack of diversity in the concepts chosen by business owner. Therefore, through this research, researchers offer new ideas for cafes by using seasonal and thematic concepts that adapt to market trends. This research uses descriptive qualitative analysis with data sources obtained through observation, questionnaires, interviews and secondary data sources. The data obtained is used as a basis for researchers in compiling a business plan belonging to Kafe Kumpul with the hope that the results of the business plan will be effectively and maximally applied in the establishment of Kafe Kumpul as well as being an inspiration for business people in related industries to get creative ideas about the cafe concept.

Kata Kunci : Rencana Bisnis, Kafe, Konsep Seasonal, Tematikal Kafe, Kedai Kopi, Business Plan, Cafe, Seasonal Concept, Cafe Thematic, Coffee Shop

  1. S2-2022-464988-abstract.pdf  
  2. S2-2022-464988-bibliography.pdf  
  3. S2-2022-464988-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2022-464988-title.pdf