Analisis Perencanaan Strategis BSPACE Tahun 2022-2032
RUSDAN HAFID RADANA, Dr. Rangga Almahendra, S.T., M.M.
2022 | Tesis | Magister ManajemenPerusahaan harus menyadari bahwa perencanaan strategis memiliki banyak kebijakan dan prosedur perusahaan yang mempengaruhi aktivitas bisnis sesuai dengan keseluruhan tujuan organisasi. Perencanaan strategis tersebut terdiri atas misi, visi, sasaran strategis (objectives) dan target (key result) yang keseluruhannya membentuk kerangka dasar yang kuat bagi organisasi dan mengartikan lingkup kegiatan organisasi. Penelitian ini bertujuan memformulasikan misi, visi, sasaran strategis dan target pada BSPACE. BSPACE merupakan lini bisnis temuda dari PT. Bahtera Sapta Permata yang bergerak di bidang sewa ruangan kantor dan kafe yang mana tidak memiliki perencanaan strategis. Penelitian ini menggunakan data primer, di mana penelitian akan dilakukan dengan mengumpulkan data secara langsung dari wawancara, observasi, dan focus group discussion (FGD) yang akan dilakukan di BSPACE. Menggunakan alur Srinivasan (2014) dengan gabungan rerangka yang dijelaskan oleh Campbell dan Yeung (1991) dan Collins dan Porras (1996) dalam Hestiriani (2020). Komponen pembentuk visi dari Campbell dan Yeung (1991) dilakukan untuk memformulasikan misi dan visi BSPACE. Dalam memformulasikan sasaran strategis dan target bagi BSPACE, menggunakan rerangka pembuatan strategi yaitu Mckinsey Three Horizon of Growth dan menggunakan rerangka pelaksanaan strategi yaitu The Objective and Key Results (OKR). Hasil penelitian adalah pernyataan dan rancangan misi, visi, sasaran strategis dan target yang dijadikan satu dalam bentuk perencanaan strategis yang dapat membantu perusahaan memahami langkah yang akan ditempuh untuk mencapai tujuannya.
Companies must realize that strategic planning has many company policies and procedures that affect business activities in accordance with the overall goals of the organization. The strategic planning consists of a mission, vision, strategic objectives and targets (key results) which all form a strong basic framework for the organization and define the scope of the organization's activities. This study aims to formulate the mission, vision, strategic goals and targets in BSPACE. BSPACE is a young business line from PT. Bahtera Sapta Permata which is engaged in the rental of office space and cafes which do not have a strategic plan. This study uses primary data, where the research will be conducted by collecting data directly from interviews, observations, and focus group discussions (FGD) that will be conducted at BSPACE. Using the Srinivasan plot (2014) with a combined framework described by Campbell and Yeung (1991) and Collins and Porras (1996) in Hestiriani (2020). The vision-forming components of Campbell and Yeung (1991) were carried out to formulate the mission and vision of BSPACE. In formulating strategic goals and targets for BSPACE, the strategy-making framework is Mckinsey Three Horizon of Growth and the strategy implementation framework is The Objective and Key Results (OKR). The results of the research are statements and designs of mission, vision, strategic goals and targets which are combined into a strategic plan that can help the company understand the steps that will be taken to achieve its goals.
Kata Kunci : Strategic Formulation, Mission, Vision, Strategic Objectives and Targets (Key Result)