Laporkan Masalah

Peran Efikasi Diri Akademik Terhadap Aspirasi Karir Pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA)

KUNI AISYAH HABIBAH, Dr. Yuli Fajar Susetyo, S.Psi., M.Si., Psikolog.

2022 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

Aspirasi karir, sebagai salah satu tugas perkembangan karir remaja, telah sering diteliti sebelumnya. Namun, penelitian sebelumnya jarang mengungkap mengenai peran efikasi diri akademik terhadap tingkat aspirasi karir siswa SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap peran efikasi diri akademik terhadap aspirasi karir pada siswa SMA. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dua skala yaitu skala Efikasi Diri Akademik dan skala Aspirasi Karir. Partisipan penelitian adalah 248 siswa SMA kelas 10 dan 11, di Sleman, Yogyakarta (M = 16,3 tahun, SD = 0,67). Hasil analisis menggunakan regresi linier sederhana menunjukkan bahwa efikasi diri akademik mempunyai peran yang signifikan terhadap aspirasi karir dengan sumbangan efektif sebesar 11,8% terhadap aspirasi karir. Selain itu, tidak ditemui perbedaan antara tingkat efikasi diri akademik dan aspirasi karir berdasarkan variabel demografi kecuali pada aspirasi karir menurut jenis kelamin.

. Career aspirations, as one of the tasks of adolescent career development, have often been studied before. However, previous studies rarely reveal the role of academic self-efficacy on the level of career aspirations of high school students. This study aims to explore the role of academic self-efficacy towards career aspirations in high school students. This research is quantitative research. The instruments used in this study were two scales, namely Academic Self-Efficacy scale and Career Aspiration scale. Research participants were 248 high school students of grade 10 and 11, in Sleman, Yogyakarta (M = 16.3 years, SD = 0.67). The result of the analysis using simple linear regression indicates that academic self-efficacy has a significant role in career aspirations with an effective contribution of 11.8% to career aspirations. In addition, there was no difference between the level of academic self-efficacy and career aspirations based on demographic variables except for career aspirations by gender.

Kata Kunci : Aspirasi Karir, Efikasi Diri Akademik, Siswa SMA

  1. S1-2022-424493-abstract.pdf  
  2. S1-2022-424493-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-424493-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-424493-title.pdf