Laporkan Masalah

PENGUKURAN DAN EVALUASI ENTERPRISE RESOURCES PLANNING (ERP) DENGAN MENGGUNAKAN SYSTEM EVALUATION THEORY (SET) PADA RUMAH SAKIT UMUM AISYIYAH PONOROGO

DIAN WIJAYANTO, Rika Fatimah, P.L., ST., M.Sc., Ph.D.,

2022 | Tesis | Magister Manajemen

Rumah sakit merupakan suatu organisasi yang merupakan kesatuan dari bagian-bagian yang kompleks dalam layanan jasa kesehatan. Penerapan sistem enterprise resource planning (ERP) dapat memberikan jawaban untuk mengintegrasi sistem rumah sakit, yang pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan pelayanan kesehatan di rumah sakit terkait. Sistem ERP dianggap mampu mengintegrasi berbagai fungsi dalam rumah sakit dan melancarkan peredaran arus informasi, yang pada akhirnya akan berdampak pada value chain yang lebih efektif. Rumah Sakit Aisyiah Ponorogo merupakan rumah sakit yang didirikan dengan tujuan memberi layanan kesehatan yang optimal bagi semua lapisan masyarakat, namun penerapan ERP di RSU Aisyiyah Ponorogo sendiri cenderung mengalami kendala selama prosesnya. Data dalam penelitian dihimpun melalui metode kuisioner dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dalam dua tahapan utama. Pertama, data dari kuisioner yang didapat dalam penelitian akan diolah ke dalam bentuk statistik deskriptif untuk kemudian ditarik kesimpulannya. Kedua, hasil statistik deskriptif kemudian akan dianalisa lebih lanjut dengan mengintegrasikan hasil statistik deskriptif dengan hasil analisis wawancara. Hasil penelitian yang telah dilakukan memaparkan bahwa implementasi sistem ERP di RSU Aisyiyah Ponorogo telah memenuhi standar evaluasi sistem SET. Namun, hasil wawancara mengungkapkan bahwa terdapat tantangan terkait kebijakan struktural dalam implementasi yang meliputi kebijakan organisasi yang berubah-ubah serta transfer pengetahuan antar karyawan. Tantangan selanjutnya meliputi kualitas dan kapabilitas SDM yang terdiri dari kesadaran penggunaan sistem, karakteristik demografi dan spesifikasi pekerjaan karyawan, pengembangan sistem secara mandiri yang beresiko, serta pemahaman proses kerja organisasi oleh karyawan.

Hospital is an organization with specific parts and division to serve healthcare purpose, which integration between all parts are often difficult. ERP might provide answers to ingegrate hospital management system, which will improve service quality and successful case ratio. ERP would be useful in distribute information between division, which will make value chain provision more effective. As one of the big private hospital in Ponorogo, RSU Aisyiyah Ponorogo has purpose to provide healthcare service for all kinds of people, yet ERP implementation in RSU Aisyiyah Ponorogo often find difficulties amidst the process. Data was collected througb questionnaire and interview. Data analysis was conducted with two general steps. First, data from questionnaire analyzed in descriptive statistic format to provide statistical conclusion. Second, those results were analyzed further through integration between descriptive statistic and content analysis. Result shows that implementation of ERP in RSU Aisyiyah Ponorogo already fulfilled evaluation system standard (SET). But, interview results concluded that there are several challenges in implementation processs, which categorized in structural challenges and human resource quality and capability.

Kata Kunci : RSU Aisyiyah,Penerapan ERP rumah sakit,Value Chain rumah sakit

  1. S2-2022-465017-abstract.pdf  
  2. S2-2022-465017-bibliography.pdf  
  3. S2-2022-465017-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2022-465017-title.pdf