Efikasi Diri Akademik sebagai Mediator antara Problem-focused Coping dan Emotion-focused Coping terhadap Kesejahteraan Psikologis pada Mahasiswa yang sedang Mengerjakan Skripsi
PRADITA ARTHA I, Esti Hayu Purnamaningsih, Dr., M.S., Psikolog
2022 | Tesis | MAGISTER PSIKOLOGI PROFESIMenyelesaikan penulisan skripsi menjadi salah satu syarat kelulusan bagi mahasiswa program sarjana. Namun, mahasiswa menemukan banyak kendala dalam proses pengerjaan skripsi, sehingga perlu melakukan beragam cara untuk mengatasinya yang kemudian berdampak pula pada kesejahteraan psikologisnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran efikasi diri akademik sebagai mediator antara problem-focused coping dan emotion-focused coping terhadap kesejahteraan psikologis. Sebanyak 254 mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi dan berasal dari 17 provinsi di Indonesia berpartisipasi dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survey secara daring dan menggunakan skala kesejahteraan psikologis, the brief-COPE, dan skala efikasi diri akademik. Hasil penelitian membuktikan bahwa efikasi diri akademik berperan sebagai mediator antara problem-focused coping dan emotion-focused coping terhadap kesejahteraan psikologis mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi.
Completing thesis writing is one of the requirements for undergraduate students to graduate. However, students encounter many obstacles that they need to overcome. It has an impact on their psychological well-being. This study aims to examine the role of academic self-efficacy as a mediator between problem-focused coping and emotion-focused coping toward psychological well-being. A total of 254 students from 17 provinces in Indonesia who are working on their theses participated in this research. This study uses a quantitative method by using an online survey and using a psychological well-being scale, The Brief-COPE, and an academic self-efficacy scale. The results showed that academic self-efficacy was proven as a mediator between problem-focused coping and emotional-focused coping toward the psychological well-being of students who are working on their thesis.
Kata Kunci : kesejahteraan psikologis, strategi coping, efikasi diri akademik,psychological well-being, coping strategies, academic self-efficacy