Laporkan Masalah

Peran Resiliensi terhadapt Tingkat Stres Akademik pada Mahasiswa selama Masa Pandemi COVID-19

CHILLA ZAHRA M, Edilburga Wulan Saptandari, S.Psi., M.Psi., Ph.D., Psikolog

2022 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

Selama masa pandemi COVID-19 kegiatan perkuliahan dilakukan secara daring dan bauran. Dengan banyaknya tugas dan kegiatan yang dapat menjadi stressor bagi mahasiswa maka dibutuhkan resiliensi atau ketahanan yang kuat dari mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran resiliensi terhadap tingkat stres akademik pada mahasiswa selama masa pandemi COVID-19. Hipotesis dari penelitian ini adalah resiliensi berperan terhadap tingkat stres akademik pada mahasiswa. Terdapat dua skala yang digunakan, yaitu Skala Stres Akademik dan Connor Davidson Resilience Scale (CDRS). Penelitian ini dilakukan dengan metode survei dengan menyebar kuisioner secara online. Partisipan dari penelitian ini sebanyak 205 mahasiswa yang mengikuti perkuliahan secara daring minimal satu semester. Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai koefisien R sebesar 0.318 dan signifikansi 0.000 (p<0.05) serta kontribusi efektif sebesar 10,1%. Maka dapat disimpulkan bahwa resiliensi memiliki peran yang signifikan terhadap tingkat stres akademik mahasiswa selama masa pandemi COVID-19.

During the COVID-19 pandemic all lecture activities were carried out online or mix method. All the assignments and daily activities can be academic stressor for college students, so resilience is needed for college student in order to deal with it. The purpose of this study was to determine the role of resilience on academic stress level in college students during the COVID-19 pandemic. It was hypothesized that resilience play a role in academic stress level in college students. This study consist of two scales, namely Skala Stres Akademik (Nugraheni, 2012) and Connor Davidson Resilience Scale that was adapted (Khairunnisaa, 2021). This research was conducted using a survey method by distributing online questionnaires. The number of participants consist of 205 college students who took online learning for at least one semester. The result of this study show an R coefficient of 0.318 and significance of 0.000 (p<0.05) and the effective contribution is 10,1%. So it can be conclude that resilience has a significant role in college student’s academic stress level during COVID-19 pandemic.

Kata Kunci : Mahasiswa, Pandemi COVID-19, Resiliensi, Stres Akademik/Academic Stress, College Student, COVID-19 pandemic, Resilience

  1. S1-2022-424475-abstract.pdf  
  2. S1-2022-424475-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-424475-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-424475-title.pdf