Laporkan Masalah

DIVERSIFICATION OF RESTAURANT BUSINESS TO INCREASE RESILIENCE TOWARDS ECONOMIC DOWNTURN

GABRIELA K HARIJANTO, Kees Tesselhof

2022 | Skripsi | S1 AKUNTANSI

Krisis adalah peristiwa tak terduga yang dapat menyebabkan situasi berbahaya bagi bisnis. Krisis ekonomi, pandemi, gejolak politik adalah beberapa contoh nyata dari krisis yang pernah terjadi sebelumnya. Makalah ini bertujuan untuk membantu perusahaan dalam meningkatkan ketahanan terhadap penurunan ekonomi yang disebabkan oleh krisis. Fokus dalam makalah ini adalah menganalisa opsi diversifikasi untuk meraih risiliensi dalam perusahaan. Metode pengumpulan data dalam makalah ini didasarkan pada review artikel dan wawancara. Tinjauan artikel berfokus pada teori yang tersedia dan/atau beberapa kasus yang sebelumnya terjadi dalam berbagai krisis. Dalam karya ini, wawancara juga digunakan untuk melengkapi bagian yang hilang dari penelitian sebelumnya dengan melihat krisis terkini, pandemi virus corona. Selain itu, penelitian ini juga membantu membedakan berbagai jenis alternatif yang berguna dalam membantu restoran dalam bertahan dari krisis sebelumnya tetapi tidak dapat diterapkan pada krisis-krisis terbaru yang sibebkan oleh keadaan yang berbeda. Hasil dari penelitian ini adalah diversifikasi usaha restoran dalam membantu meningkatkan ketahanan usaha untuk bertahan dari kondisi krisis melalui strategi pemasaran adaptif, penerapan menu baru atau penyederhanaan, dan perubahan fokus restoran.

A crisis is an unpredictable event that might cause a harmful situation for a business. Economic crisis, pandemic, political turmoil are some real examples of crises that happened previously. This paper aims to help enterprises increase their resilience towards the economic downturn caused by the crisis. The focus of this paper is incurring resilience by differentiating the restaurant business itself. The data collection method in this paper is based on articles review and interviews. Article reviews focus on available theories and/or some cases that previously occurred in multiple crises. While the interview used to complete the missing part from previous research by looking at the latest crisis, the coronavirus pandemic. Furthermore, this research also helps to distinguish the different types of alternatives that are useful in helping restaurants survive previous crises but cannot be applied to this recent crisis due to different circumstances. The outcome of this research is that diversification in a restaurant business help to increase the resilience of the business to survive from a crisis condition through adaptive marketing strategy, implementing new/simplified menu, and changes in the restaurant�s focus.

Kata Kunci : resilience, crisis, service industry, pandemic, restaurant failure, revenue management, restaurant business

  1. S1-2022-415853-abstract.pdf  
  2. S1-2022-415853-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-415853-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-415853-title.pdf