Laporkan Masalah

PENGARUH WARNA DAN KELANGKAAN WAKTU TERBATAS TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF SECARA DARING MELALUI PERSEPSI KEGAIRAHAN PADA E-COMMERCE

ANISA TSYALASYANI HS, Rahmat Hidayat, S.Psi. M.Sc., Ph.D

2022 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

Peningkatan jumlah konsumen di e-commerce tidak dibersamai juga dengan peningkatan pendapatan pemasar di Indonesia dibandingkan dengan tahun lalu. Meningkatkan pembelian impulsif bisa menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan pemasaran para pemasar online. Dengan menggunakan framework S-O-R, penelitian ini dilakukan untuk meneliti pengaruh dari warna dan kelangkaan waktu terbatas terhadap pembelian impulsif secara daring, melalui mekanisme persepsi kegairahan. Penelitian dilakukan dengan metode randomized online experiment dengan mekanisme between-subject. Partisipan berjumlah 271 yang berusia 18-25 tahun. Hasil dari penelitian ini adalah tidak ditemukan pengaruh warna dan LTS terhadap persepsi kegairahan, namun persepsi kegairahan berpengaruh sebesar 1,9% terhadap pembelian impulsif secara daring pada e-commerce.

The increase in the number of consumers in e-commerce is not accompanied by an increase in sales revenue of marketers in Indonesia compared to last year. Increasing impulsive buying can be a strategy to increase sales for online marketers. Using the S-O-R framework, this study examines the effect of color and limited time scarcity on online impulse buying, through perceived arousal mechanism. The research was conducted using a randomized online experiment method with a between-subject mechanism. There were 271 participants between the age 18 to 25. The result of this study is that there is no effect of color and LTS on arousal, but perceived arousal plays a role of 1.9% on online impulsive buying in e-commerce.

Kata Kunci : pembelian impulsif, persepsi kegairahan, kelangkaan waktu, warna, e-commerce

  1. S1-2022-430574-abstract.pdf  
  2. S1-2022-430574-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-430574-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-430574-title.pdf