MEDIA SOSIAL SEBAGAI DIGITAL PUBLIC SPHERE: PERAN NEW MEDIA DALAM MEMBENTUK PUBLIC VALUES (STUDI MEDIA ONLINE PINTERPOLITIK)
ARDI MUHAMMAD RIFQI, Dr. Subando Agus Margono, M.Si.
2022 | Skripsi | S1 MANAJEMEN DAN KEBIJAKAN PUBLIKMedia sosial merupakan platform menarik yang mempunyai jutaan pengguna yang terhubung secara digital. Kehadiran new media dalam ruang publik digital merupakan bentuk perkembangan teknologi digital. Dalam hal ini PinterPolitik sebagai new media hadir dengan menyuguhkan konten-konten informatif mengenai aktivitas politik nasional dengan tagar #Pilpres2024 salah satunya melalui platform media sosial Instagram. Fitur media sosial Instagram yang mendukung masyarakat untuk melakukan komunikasi dua arah memantik diskursus di ruang publik digital. Diskursus ini berupa agregasi umpan balik digital native terhadap konten PinterPolitik bertagar #Pilpres2024 yang memantik diskursus publik. Data utama dalam penelitian ini menggunakan konten bertagar #Pilpres2024 dan komentar digital native yang dilontarkan dalam akun Instagram PinterPolitik. Interaksi dan relasi politik yang hadir dalam diskursus publik membentuk nilai-nilai publik. Dengan menggunakan metode content analysis dan discourse analysis dengan pendekatan kualitatif peneliti menganalisis konten dan diskursus publik menggunakan Social Media Public Values Sphere Framework. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PinterPolitik sebagai new media mempunyai pengaruh untuk membentuk nilai-nilai publik melalui pemilihan isu pada konten yang diunggah dan dukungan dari fitur media sosial Instagram.
Social media is an attractive platform that has millions of digitally connected users. The presence of new media in the digital public sphere is a form of digital technology development. In this case, PinterPolitik as a new media comes by presenting informative content regarding national political activities with the hashtag #Pilpres2024, one of which is through the social media platform Instagram. Instagram's social media features that support the public for two-way communication have sparked discourse in the digital public sphere. This discourse is an aggregation of digital native feedback on PinterPolitik content with the hashtag #Pilpres2024 which ignites public discourse. The main data in this study uses content with the hashtag #Pilpres2024 and digital native comments posted on the PinterPolitik Instagram account. Political interactions and relations that are present in public discourse shape public values. By using the method of content analysis and discourse analysis with a qualitative approach, the researcher analyzes the content and public discourse using the Social Media Public Values Sphere Framework. The results of this study indicate that PinterPolitik as a new media has the influence to shape public values through the selection of issues in the uploaded content and support from Instagram's social media features.
Kata Kunci : ruang publik digital, new media, nilai-nilai publik, instagram