Laporkan Masalah

ANALISIS STRATEGI ALIANSI UNTUK MENCAPAI KEUNGGULAN KOMPETITIF PADA PT. TRITAMA GEMILANG SUKSES

TIO EVAN, Rangga Almahendra, Dr., S.T., M.M.,

2022 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)

Seiring dengan pertumbuhan ekonomi, perusahaan dituntut menciptakan kinerja yang maksimal untuk meningkatkan daya saing. Dalam meningkatkan daya saing beberapa perusahaan melakukan kerja sama dengan perusahaan lain yang sejenis dalam industri ataupun perusahaan di industri lain yang linear dengan perusahaan tersebut. Salah satu bidang usaha yang harus meningkatkan kinerja untuk daya saing adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa desain interior, PT. Tritama Gemilang Sukses sebagai salah satu perusahaan jasa desain interior yang berbasis online dihadapkan pada persoalan dalam meningkatkan kinerja perusahaan demi mencapai keunggulan kompetitif pada industrinya. Oleh karena itu, untuk mencapai keunggulan kompetitif dari PT. Tritama Gemilang Sukses diperlukan pengkajian strategi perusahaan dan strategi aliansi dalam mencapai keunggulan kompetitif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif untuk mencapai pemahaman yang mendalam mengenai permasalahan yang disampaikan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara dan kuesioner. Penulis melakukan tiga tingkatan analisis yaitu (1) Analisis Faktor Aliansi, (2) Analisis The Generic Fit Framework dan (3) Analisis Rantai Nilai (Porter's Value Chain). Faktor-faktor yang terdapat pada ketiga analisis diatas digunakan sebagai tolak ukur untuk PT. Tritama Gemilang Sukses dalam meningkatkan kinerja perusahaan dan penerapan strategi dalam mencapai visi, misi dan tujuan perusahaan. Faktor-faktor tersebut dapat dijadikan acuan dalam pengambilan keputusan strategis perusahaan dalam melakukan kerja sama atau aliansi dengan perusahaan pada industri sejenis atau perusahaan di industri lain yang linear. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah pola complimentary, strategic fit dan technology development adalah faktor yang membuat aliansi yang dilakukan PT. Tritama Gemilang Sukses dapat berjalan dengan baik sehingga dapat mencapai keunggulan kompetitif.

Along with economic growth, companies are required to create maximum performance to increase competitiveness. In increasing competitiveness, several companies cooperate with other similar companies in the industry or companies in other industries that are linear with the company. One of the business fields that must improve performance for competitiveness is a company engaged in interior design services, PT. Tritama Gemilang Sukses as an online-based interior design service company is faced with the problem of improving the company's performance in order to achieve a competitive advantage in its industry. Therefore, to achieve the competitive advantage of PT. Tritama Gemilang Sukses requires an assessment of the company's strategy and alliance strategy in achieving competitive advantage. This study uses a quantitative descriptive approach to achieve a deep understanding of the problems presented. The research instruments used were interviews and questionnaires. The author performs three levels of analysis, namely (1) Alliance Factor Analysis, (2) The Generic Fit Framework Analysis and (3) Value Chain Analysis (Porter's Value Chain). The factors contained in the three analyzes above are used as a benchmark for PT. Tritama Gemilang Sukses in improving company performance and implementing strategies in achieving the company's vision, mission and goals. These factors can be used as a reference in the company's strategic decision making in conducting cooperation or alliances with companies in similar industries or companies in other industries that are linear. The results obtained in this study are the complimentary pattern, strategic fit and technology development are factors that make the alliance conducted by PT. Tritama Gemilang Sukses can run well so that it can achieve competitive advantage.

Kata Kunci : Strategi Aliansi, Jasa Desain Interior, Keunggulan Kompetitif

  1. S2-2022-437069-abstract.pdf  
  2. S2-2022-437069-bibliography.pdf  
  3. S2-2022-437069-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2022-437069-title.pdf