Laporkan Masalah

Pemetaan Kebutuhan dan Prioritas Tindakan Berdasarkan Tingkat Kesadaran Halal pada Konsumen Muslim dan Rumah Makan yang Belum Tersertifikasi Halal

ZATA ATIKAH AMANI, Rika Fatimah P. L., S.T., M.Sc., Ph.D.

2022 | Tesis | MAGISTER AGAMA DAN LINTAS BUDAYA

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memetakan kebutuhan konsumen Muslim berdasarkan tingkat kesadaran halal terhadap rumah makan yang belum tersertifikasi halal dan memetakan tindakan rumah makan yang belum tersertifikasi halal untuk memenuhi kebutuhan konsumen Muslim. Alat analisis yang digunakan adalah L-Shaped Matrix. Secara spesifik, penelitian ini memfokuskan pada kebutuhan konsumen, respon teknis rumah makan yang belum tersertifikasi halal, hubungan kebutuhan konsumen Muslim dengan respon teknis serta prioritas yang diutamakan pihak rumah makan yang belum tersertifikasi halal dalam memenuhi kebutuhan konsumen Muslim. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang didukung dengan data kuantitatif. Data yang digunakan adalah hasil kuesioner yang disebar ke 470 responden konsumen Muslim yang berdomisili di Kota Surabaya dan hasil wawancara dengan 2 manajer rumah makan yang belum tersertifikasi halal di Kota Surabaya yang dilakukan secara langsung. Hasil penelitian menghasilkan lima ruang yang terdiri ruang kiri, ruang atas, ruang tengah, ruang kanan, dan ruang bawah yang merupakan bagian dari L-Shaped Matrix. Berdasarkan 7 kebutuhan konsumen Muslim terdapat 2 prioritas kebutuhan konsumen Muslim terhadap rumah makan yang belum tersertifikasi halal, yaitu good service, polite, and clean, dan adanya logo/label halal, serta dari 13 tindakan rumah makan yang belum tersertifikasi halal terdapat 2 prioritas tindakan rumah makan yang belum tersertifikasi halal untuk memenuhi kebutuhan konsumen Muslim, yaitu mengganti bahan baku syubhat ke bahan baku yang jelas kehalalannya dan adanya kegiatan keagamaan dan leadership untuk karyawan.

The purpose of this research is to map the needs of Muslim consumers based on the level of halal awareness toward non-halal certified restaurant and to map the actions of non-halal certified restaurant to fulfill Muslim consumers needs. This research uses L-Shaped Matrix as an analytical tool. Specifically, this research focuses on Muslim customers' needs, technical response of non-halal-certified restaurants, the relationship between Muslim customers' needs and technical response of non-halal certified restaurants, and the priority given by non-halal certified restaurants to Muslim customers. The method used in this research is descriptive qualitative which is supported by quantitative data. The data used are the results of questionnaires distributed to 470 Muslim consumers as respondents in Surabaya and the results of interviews with non-halal-certified restaurant managers in Surabaya. The research result produces five spaces consisting of left room, top room, centre room, right room, and bottom room are parts of the L-Shaped Matrix. Based on 7 needs of Muslim consumers, there are 2 priority needs of Muslim consumers toward non-halal certified which are good service, polite, and clean, and the presence of halal logo/label, and from 13 actions of non-halal certified restaurant, there are 2 priority of action of non-halal certified restaurant to fulfil Muslim consumers' needs which are change syubhat materials to halal certified materials and religious and leadership activities for employees.

Kata Kunci : Tingkat Kesadaran Halal, Kebutuhan Konsumen Muslim, Prioritas Tindakan Rumah Makan yang Belum Tersertifikasi Halal, L-Shaped Matrix

  1. S2-2022-437685-abstract.pdf  
  2. S2-2022-437685-bibliography.pdf  
  3. S2-2022-437685-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2022-437685-title.pdf