Laporkan Masalah

Peran Kecerdasan Emosi dan Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Resiliensi Akademik Siswa SMA yang Mengalami Pembelajaran Jarak Jauh

AJENG ANGGRAINI, Edilburga Wulan Saptandari, S.Psi., M.Psi., Ph.D., Psikolog

2022 | Tesis | MAGISTER PSIKOLOGI PROFESI

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) diterapkan dalam proses pembelajaran selama masa pandemi COVID-19. Proses PJJ ternyata memberikan dampak bagi siswa. Kondisi resiliensi akademik siswa selama PJJ perlu menjadi perhatian. Terdapat faktor yang dapat mempengaruhi resiliensi akademik baik secara internal dan eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kecerdasan emosi dan dukungan sosial teman sebaya secara bersama-sama terhadap resiliensi akademik siswa SMA DIY yang mengalami PJJ. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode survei. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Partisipan penelitian merupakan siswa SMA DIY kelas X dan XI jurusan MIPA dan IPS berjumlah 397 siswa dengan rentang usia 15 sampai 18 tahun. Penelitian ini dilakukan di beberapa sekolah yang ada di DIY. Alat ukur yang digunakan adalah skala resiliensi akademik, skala kecerdasan emosi, dan skala dukungan sosial teman sebaya. Hasil uji hipotesis menjelaskan bahwa kecerdasan emosi dan dukungan sosial teman sebaya dapat memprediksi resiliensi akademik secara bersama-sama

Distance learning (PJJ) was applied in the learning process during COVID-19 pandemic. The PJJ process turned out to have an impact on students. The condition of students academic resilience during PJJ needs to be a concern. There are factors that can affect academic resilience both internally and externally. This study aims to determine the role of emotional intelligence and peer social support together on the academic resilience of DIY senior high school students who has PJJ experience. This research using a survey method. The data analysis technique used is multiple regression. The participants were senior high school students of DIY, first and second year with majoring in science and social studies totaling 397 students with age range of 15 to 18 years. This research was conducted in several schools in DIY. The measuring tools used are academic resilience scale, emotional intelligence scale, and peer social support scale. The results of the hypothesis test explain that emotional intelligence and peer social support can predict the academic resilience together

Kata Kunci : Kecerdasan emosi, dukungan sosial teman sebaya, resiliensi akademik, pembelajaran jarak jauh, siswa SMA

  1. S2-2022-448941-abstract.pdf  
  2. S2-2022-448941-bibliography.pdf  
  3. S2-2022-448941-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2022-448941-title.pdf