Laporkan Masalah

Pengembangan Kerangka Kerja Untuk Identifikasi dan Prioritas Barriers Dalam Praktik Transformasi Digital di Pendidikan Tinggi

BAYU RIMA ADITYA, Dr. Ridi Ferdiana, S.T., M.T; Dr. Sri Suning Kusumawardani S.T., M.T

2022 | Disertasi | DOKTOR TEKNIK ELEKTRO

Saat ini, transformasi digital merupakan pilihan tepat untuk dapat mencapai pembangunan berkelanjutan di sektor pendidikan tinggi. Namun, praktik transformasi digital di sektor pendidikan tinggi masih dihadapkan dengan berbagai barriers yang menghambat keberhasilan transformasi digital yang direncanakan. Penelitian disertasi ini bertujuan untuk mengembangkan kerangka kerja sistematis untuk identifikasi, klasifikasi, dan prioritas barriers dalam rangka mempersiapkan strategi untuk mengatasi barriers menggunakan pendekatan metode Design Science Research (DSR). Hasil dari penelitian ini adalah kerangka kerja yang mengarah pada perancangan strategi untuk menghindari, menghilangkan, atau meminimalkan barriers. Tiga komponen utama telah digunakan dalam mengembangkan arsitektur untuk kerangka kerja: 1) satu set daftar barriers potensial, 2) penggambaran yang ideal tentang tingkat kepentingan relatif di antara berbagai barriers berdasarkan driving dan dependence power, dan 3) sebuah matriks sederhana untuk mendapatkan tingkat prioritas dari setiap barrier. Selain melakukan evaluasi dengan melibatkan ahli, penelitian ini juga mengevaluasi dan mengembangkan hasil rancangan kerangka kerja dalam skenario yang realistis sehingga dapat berkontribusi secara nyata. Pendekatan kerangka kerja yang dihasilkan telah dapat menjawab kebutuhan untuk meningkatkan ketepatan strategi dalam rangka meningkatkan peluang keberhasilan praktik transformasi digital di pendidikan tinggi. Hasil identifikasi dan prioritas barriers menjadi input untuk merancang strategi yang lebih tepat. Ini memberikan wawasan tentang cara yang lebih baik dalam mengalokasikan sumber daya untuk implementasi transformasi digital di pendidikan tinggi yang lebih mudah, lancar, dan efektif, serta melengkapi konsep perancangan strategi yang telah ada.

In recent years, digital transformation is the right choice to achieve sustainable development in the higher education sector. However, the practice of digital transformation in the higher education sector is still faced with various barriers. The research aims to develop a systematic framework for the identification, classification, and prioritization of barriers to prepare strategies to overcome barriers using the Design Science Research (DSR) method approach. This research provided a framework that leads to the design of strategies to avoid, eliminate, or minimize barriers in the planned practice of digital transformation. Three main components have been used in developing the architecture for the framework: 1) a set of lists of potential barriers, 2) an idealized depiction of the relative importance among barriers based on driving and dependence power, and 3) a simple matrix for obtaining priority levels of every barrier. In addition to evaluating by involving experts, this research also evaluates and develops the results of the framework design in a realistic scenario so that it can contribute significantly. The proposed framework has been able to address the need to improve strategic accuracy to increase the chances of successful digital transformation practices in higher education. The results of the identification and prioritization of barriers become input for designing more appropriate strategies. This research lays how to better allocate resources for easier, smoother, and more effective implementation of digital transformation in higher education, as well as complements existing strategic design concepts.

Kata Kunci : barriers, transformasi digital, pendidikan tinggi, pengambilan keputusan, strategi efektif

  1. S3-2022-420442-abstract.pdf  
  2. S3-2022-420442-bibliography.pdf  
  3. S3-2022-420442-tableofcontent.pdf  
  4. S3-2022-420442-title.pdf