Laporkan Masalah

Intensi Keberlanjutan Penggunaan Dompet Digital sebagai Metode Pembayaran pada Belanja Daring dan Luring

WAHYU ROMANINGSIH, Dr. Sahid S. Nugroho, M. Sc.

2022 | Tesis | Magister Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi intensi keberlanjutan penggunaan dompet digital sebagai metode pembayaran pada belanja daring dan luring. Model riset terdiri dari variabel persepsi manfaat, persepsi kemudahan, persepsi keamanan, konfirmasi, kepuasan dan intensi keberlanjutan. Penelitian ini menguji variabel dan hipotesis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Penyebaran kuisioner didistribusikan secara daring melalui media sosial instagram. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability dengan teknik purposive sampling. Jumlah responden pada penelitian ini adalah sebanyak 206 responden. Pengujian instrumen dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas sementara metode analisis data yang digunakan adalah SEM berbasis varian atau Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) yang diolah menggunakan aplikasi SmartPLS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi manfaat dan kepuasan merupakan prediktor penting yang mempengaruhi intensi keberlanjutan penggunaan dompet digital. Selain itu, sebanyak tujuh dari delapan hipotesis yang diujikan menunjukkan hasil yang sesuai dengan studi terdahulu. Pada bagian akhir penelitian, penulis juga memberikan beberapa keterbatasan dan arahan untuk penelitian selanjutnya serta implikasi manajerial.

The purpose of this research is to determine the factors that influence the intention to continue using digital wallets as a payment method for online and offline shopping. The research model consists of perceived benefits, perceived convenience, perceived security, confirmation, satisfaction and continuance intentions. This study will test variables and hypotheses using a quantitative approach with a survey method. The questionnaire was distributed online through social media Instagram. The sampling method used is non-probability with purposive sampling technique. The number of respondents in this study were 206 respondents. The instrument testing in this study uses validity and reliability tests while the data analysis method used is variant-based SEM or Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) which is processed using the SmartPLS application. The results of this study indicate that perceived usefulness and satisfaction are important predictors that affect the intention to continue using digital wallets. In addition, as many as seven of the eight hypotheses tested showed results that were in accordance with previous studies. At the end of this study, the authors also provide some limitations and directions for further research as well as managerial implications.

Kata Kunci : Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Persepsi Keamanan, Konfirmasi, Kepuasan dan Intensi Keberlanjutan.

  1. S2-2022-465158-abstract.pdf  
  2. S2-2022-465158-bibliography.pdf  
  3. S2-2022-465158-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2022-465158-title.pdf