Laporkan Masalah

EFEK TAMPILAN FLAT DESIGN DAN NEUMORPHISM PADA DAYA TARIK ESTETIKA ANTARMUKA E-COMMERCE FESYEN

YOHANES K., B.M. Purwanto, Dr., M.B.A.

2022 | Tesis | Magister Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan gaya visual antara tampilan flat design dan neumorphism pada daya tarik estetika antarmuka e-commerce fesyen dengan menguji perbedaan sederhana dan profesional yang akan mengukur tata letak, jelas dan menawan yang akan mengukur bentuk, gairah dan modern yang akan mengukur warna, menarik dan mudah yang akan mengukur kontras, serta mutakhir dan cepat yang akan mengukur tekstur. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei dengan total responden pada penelitian ini sebanyak 100 orang yang kemudian diberikan perlakukan counter-balancing untuk menghilangkan bias urutan. 50 orang pertama yang terdiri dari 25 pria dan 25 wanita akan mencoba tampilan flat design terlebih dahulu kemudian mencoba tampilan neumorphism. Kemudian 50 orang kedua yang terdiri dari 25 pria dan 25 wanita akan mencoba tampilan neumorphism terlebih dahulu kemudian mencoba tampilan flat design. Kriteria partisipan ditentukan berdasarkan jenis kelamin, generasi usia, dan frekuensi belanja. Analisis data dilakukan dengan perangkat lunak SPSS dengan melakukan uji paired sample t-test. Berdasarkan analisis data yang dilakukan peneliti telah menemukan hasil bahwa tampilan neumorphism dinilai oleh pengguna memiliki tata letak yang profesional, bentuk yang menawan, warna yang menimbulkan gairah dan modern, kontras yang menarik serta tekstur yang mutakhir. Sedangkan tampilan flat design dinilai memiliki tata letak yang sederhana. Kedua tampilan ini dinilai memiliki kesamaan dalam kejelasan bentuk, kontras yang memudahkan, tekstur yang membantu dalam kecepatan membaca. Jadi berdasarkan penilaian secara keseluruhan tampilan neumorphism dinilai memiliki daya tarik estetika yang lebih tinggi daripada tampilan flat design.

This research aims to compare flat design and neumorphism on the aesthetic appeal of the fashion e-commerce interface by testing the differences between simple and professional which measure layout, clear and gorgeous which measure shape, excite and modern which measure color, interesting and easy which measure contrast, sophisticated and speed which measure texture. Data was collected using a survey method with 100 respondents involved in this research who were then given counter-balancing treatment to eliminate sequence bias. The first 50 respondents consisting of 25 men and 25 women, tried a flat design interface and then tried neumorphism interface. Then the following 50 respondents consisting of 25 men and 25 women, tried neumorphism interface and then tried the flat design interface. Participants' criteria were determined based on gender, age, and shopping frequency. Data analysis was carried out using SPSS software by conducted paired sample t-test. The result of this research found that the appearance of neumorphism have professional layout, gorgeous shapes, excite and modern colors, interesting contrasts and sophisticated textures. While the appearance of flat design considered to have simple layout. These two appearance are considered to have similarities in clear form, easy contrast, texture that helps in reading speed. So based on the overall assessment, the neumorphism appearance is considered to have a higher aesthetic appeal than the flat design appearance.

Kata Kunci : Daya Tarik Estetika, Tampilan Antarmuka, Flat design, Neumorphism

  1. S2-2022-436878-abstract.pdf  
  2. S2-2022-436878-bibliography.pdf  
  3. S2-2022-436878-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2022-436878-title.pdf