Laporkan Masalah

Perancangan Model Bisnis Makanan Sehat Aplikasi "EatGo"

ANNISA AYUDITYA, Rocky Adiguna, SE., M.Sc., Ph.D

2022 | Tesis | Magister Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk merancang model bisnis makanan sehat menggunakan aplikasi EatGo sebagai inovasi dan solusi yang efektif dari kebutuhan masyarakat dalam menjalankan pola hidup sehat. Penelitian ini menganalisis kebutuhan pelanggan yang masih belum terpenuhi dari pilihan produk yang sudah tersedia di pasar dan menentukan elemen model bisnis yang dapat digunakan untuk mendukung kebutuhan pelanggan. Data dalam penelitian ini didapat dari hasil wawancara pelaku usaha makanan sehat, wawancara calon pelanggan dan survei calon pelanggan. Pertanyaan wawancara pelaku usaha makanan sehat disusun berdasarkan kanvas model bisnis, sedangkan wawancara dan survei calon pelanggan disusun berdasarkan peta empati. Informan wawancara dalam penelitian ini adalah Pengilon dan Healthy Catering Surabaya selaku pelaku usaha makanan sehat dan tujuh narasumber selaku calon pelanggan, sedangkan responden survei merupakan tujuh puluh calon pelanggan yang dipilih secara purposive sampling. Kemudian data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif dilakukan menggunakan analisis konten, sedangkan analisis data kuantitatif dilakukan dengan menghitung nilai NPV, IRR, dan PBP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perancangan model bisnis makanan sehat aplikasi EatGo dipicu oleh adanya kebutuhan pelanggan dalam menjalankan pola hidup sehat khususnya dalam menemukan makanan sehat dengan gizi yang seimbang. Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini sebesar Rp365.000.000. Berdasarkan perhitungan analisis kelayakan ekonomi yang dilakukan, diperoleh nilai NPV sebesar Rp578.373.721, nilai IRR 58% dan nilai PBP selama satu tahun delapan bulan. Indikator perhitungan tersebut menunjukkan bahwa bisnis ini layak untuk dijalankan.

This thesis aims to design a healthy food business model using the EatGo application as an innovation and an effective solution to the needs of the community in carrying out a healthy lifestyle. This study analyzes unmet customer needs from a selection of products that are already available in the market and determines the business model elements that can be used to support customer needs. The data in this thesis were obtained from interviews with healthy food business actors, interviews with prospective customers and surveys of prospective customers. The interview questions for healthy food entrepreneurs were prepared based on a business model canvas, while interviews and surveys of potential customers were prepared based on an empathy map. Interview informants in this study were Pengilon and Healthy Catering Surabaya as healthy food business actors and seven sources as potential customers, while the survey respondents were seventy potential customers selected by purposive sampling. Then the data obtained were analyzed qualitatively and quantitatively. Qualitative data analysis was carried out using content analysis, while quantitative data analysis was carried out by calculating the NPV, IRR, and PBP values. The results showed that the design of the EatGo application's healthy food business model was triggered by the customer's need for a healthy lifestyle, especially in finding healthy food with balanced nutrition. The capital needed to run this business is IDR 365.000.000. Based on the calculation of the economic feasibility analysis carried out, the NPV value was Rp578.373.721, the IRR value was 58% and the PBP value for one year and eight months. The calculation indicators show that this business is feasible to run.

Kata Kunci : model bisnis, pola hidup sehat, makanan sehat, aplikasi

  1. S2-2022-464996-abstract.pdf  
  2. S2-2022-464996-bibliography.pdf  
  3. S2-2022-464996-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2022-464996-title.pdf