Laporkan Masalah

ANALISIS PENGARUH HARGA PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BAHAN BAKAR MINYAK JENIS PERTALITE DI KOTA KLATEN (Studi Kasus pada Pengguna Kendaraan Bermotor di Kota Klaten)

RINA CAHYANING TYAS, Dra. Neni Pancawati, M.Si.

2022 | Tugas Akhir | D3 MANAJEMEN

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga produk, kualitas pelayanan, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian bahan bakar minyak jenis pertalite di Kota Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode korelasi, yang dilaksanakan di Kota Klaten pada bulan Oktober sampai November 2021. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan bahan bakar minyak jenis pertalite untuk kendaraan bermotor mereka, dimana jumlah populasinya tidak diketahui. Pengumpulan data menggunakan kuesioner di google formulir. Penelitian ini memiliki 2 variabel, variabel bebas (harga produk, kualitas pelayanan, dan kualitas produk), dan variabel terikat (keputusan pembelian). Metode yang digunakan untuk menganalisis data yaitu regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) harga produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk pertalite, dibuktikan dengan nilai Sig t_hitung, r = 1,026, nilai Sig t_hitung 0,000 < 0,05; (2) kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk jenis pertalite, dibuktikan dengan nilai Sig t_hitung, r = 0,239, nilai Sig t_hitung 0,000 < 0,05; (3) kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk pertalite, dibuktikan dengan nilai Sig t_hitung, r = 0,626, nilai Sig t_hitung 0,000 < 0,05; dan (4) harga produk, kualitas pelayanan, dan kualitas produk memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian produk pertalite dan dapat memprediksi keputusan pembelian, dibuktikan dengan nilai f_hitung = 103,011, nilai Sig 0,000 < 0,01. Faktor harga produk, kualitas pelayanan, dan kualitas produk memiliki persentase pengaruh sebesar 76,3% terhadap keputusan pembelian produk pertalite, sedangkan sisanya sebesar 26,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti di dalam penelitian ini. Kata kunci: Harga Produk, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

This study aims to determine and analyze the effect of product price, service quality, and product quality on purchasing decisions for pertalite fuel oil in Klaten City. This research is a research using the correlation method, which was carried out in Klaten City from October to November 2021. The sample in this study was taken by accidental sampling with a total sample of 100 respondents. The population in this study are consumers who use pertalite type fuel oil for their motor vehicles, where the total population is unknown. Data collection using a questionnaire on google forms. This study has 2 variables, the independent variable (product price, service quality, and product quality), and the dependent variable (purchase decision). The method used to analyze the data is multiple linear regression. The results showed that: (1) the price of the product has a positive and significant influence on the purchase decision of pertalite products, as evidenced by the value of Sig t_observed, r = 1,026, the value of Sig t_observed 0,000 <0,05; (2) service quality has a positive and significant influence on purchasing decisions for pertalite type products, as evidenced by the value of Sig t_observed, r = 0,239, value of Sig t_observed 0,000 <0,05; (3) product quality has a positive and significant influence on purchasing decisions for pertalite products, as evidenced by the value of Sig t_observed, r = 0,626, value of Sig t_observed 0,000 <0,05; and (4) product price, service quality, and product quality have an influence on purchasing decisions for pertalite products and can predict purchasing decisions, as evidenced by the value of f_observed= 103,011, Sig value 0,000 < 0,01. Product price factors, service quality, and product quality have a percentage influence of 76,3% on the purchase decision of pertalite products, while the remaining 26,7% is influenced by other variables not examined in this study. Keywords: Product Price, Service Quality, Product Quality, Purchase Decision

Kata Kunci : Kata kunci: Harga Produk, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

  1. D3-2022-416562-abstract.pdf  
  2. D3-2022-416562-bibliography.pdf  
  3. D3-2022-416562-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2022-416562-title.pdf