Laporkan Masalah

MAKNA TEMAN ONLINE BAGI GENERASI Z DAN PRAKTIK NETWORKED PUBLICS

PUTRI ANGGUN S, Sidiq Hari Madya, S.Sos., M.Sc.

2022 | Skripsi | S1 SOSIOLOGI

Topik riset ini berputar pada pertemanan yang dimulai Generasi Z melalui media sosial. Penjelasan mengenai bagaimana Generasi Z memaknai pertemanan online menjadi pertanyaan utama penelitian. Di masa perkembangan teknologi jaringan dan komunikasi yang pesat ini, hubungan pertemanan yang diinisiasi online menjadi lebih lumrah. Media sosial Twitter menjadi salah satu tempat bagi Generasi Z untuk bersosialisasi dan mempraktikkan Networked Publics. Teori Networked Publics yang dikemukakan danah boyd menjelaskan bagaimana individu menggunakan media sosial untuk bercengkerama guna melanjutkan pertemanan yang terbentuk offline. Individu menjalankan praktik tersebut karena hambatan-hambatan dalam mengakses tempat publik untuk bersosialisasi. Di sisi lain, pertemanan menjadi salah satu faktor yang mendukung keberlangsungan Generasi Z dalam masa transisi. Kualitas pertemanan dinilai berasosiasi dengan aspek-aspek yang penting bagi kehidupan Generasi Z. Namun, penelitian yang fokus terhadap Generasi Z dan pertemanan online belum banyak dijumpai. Hal tersebut mendorong pelaksanaan penelitian ini. Penelitian bermetode kualitatif dilaksanakan dengan pendekatan deskriptif. Melalui wawancara, data dikumpulkan dari lima orang informan yang menjadi representasi Generasi Z. Selain itu, observasi di laman Twitter juga dilangsungkan. Penelitian dianalisis menggunakan kerangka teori Networked Publics. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Generasi Z mengakses media sosial juga untuk membangun pertemanan online. Pertemanan online terbentuk karena proses simultan antara adanya fasilitas teknologi jejaring (internet dan media sosial) dengan kolektivitas yang dibayangkan (imagined). Hal ini sejalan dengan teori Networked Publics, terlebih terkait dengan makna menjalin teman online di ruang online. Imagined tersebut dihasilkan dari interaksi antara pengguna (manusia), ruang online berupa sosial media Twitter (teknologi), dan pencarian teman online (praktik). Teori ini juga menjelaskan bahwa kesulitan dalam mengakses tempat publik merupakan salah satu pendorong Generasi Z mengunjungi Twitter. Tak hanya itu, ada faktor-faktor pendorong lainnya yang juga berasosiasi dengan bagaimana mereka memaknai pertemanan online. Di antaranya yakni kebutuhan untuk bersosialisasi, mendapatkan dukungan sosial dan informasi, serta untuk membangun relasi.

The topic of this research revolves around the friendship initiated by Generation Z through social media. The main research questions ask how Generation Z perceives online friendships and what online friend means to them. The technology of communication and network develops rapidly and online friendship becomes more common than before. Social media Twitter plays a part as a space where Generation Z gathers to social and practice Networked Publics. danah boyd came up with Networked Publics theory which explains how individuals use social media to hang out with peers that mainly they met offline. They interact in social media as Networked Publics because of the difficulties of hanging out in public places. The quality of friendships is considered to be associated with aspects that are important to Generation Z's life. However, research that focuses on Generation Z and online friendships are not that popular. This encourages the implementation of this research. The qualitative research method was carried out with a descriptive approach. Through interviews, the data was collected from five informants who represent Generation Z. In addition, observations on the Twitter page were also held. The research was analyzed using the Networked Publics as the theoretical framework. The results show that Generation Z accesses social media to build online friendships. Online friendships are formed because of the simultaneous process between the existence of network technology facilities (internet and social media) and the imagined collectivity (imagined). This is in line with the theory of networked publics, especially related to the meaning of making friends online in the online space. Imagined is generated from interactions between users (human), online space in the form of social media Twitter (technology), and the search for online friends (practice). This theory also explains that difficulty in accessing public places is one of the driving factors for Generation Z to visit Twitter. Other motivating factors are also associated with how they interpret online friendships. Those are the need to socialize, to find social support and information, and to build networks.

Kata Kunci : pertemanan online,tempat publik,networked publics,peran teman,generasi z,online friendship,public places,networked publics,friend role,generation z

  1. S1-2022-399469-abstract.pdf  
  2. S1-2022-399469-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-399469-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-399469-title.pdf