Laporkan Masalah

Pengaruh Parkir On Street Terhadap Derajat Kejenuhan Di Jalan Pemuda Kota Magelang

ZAKIY FATHORO ASLAM, Suwardo, ST., MT., Ph.D.;Nursyamsu Hidayat, ST., MT., Ph.D

2022 | Tugas Akhir | D3 TEKNIK SIPIL

Kota menjadi salah satu wilayah dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat disusul dengan perkembangan penduduk yang bertambah sehingga berpengaruh terhadap penggunaan fasilitas lalu lintas yang meningkat tanpa adanya penambahan fasilitas yang baru. Pada kawasan Pecinan, Jalan Pemuda, Kemirirejo, Kota Magelang yang menjadi salah satu kawasan ekonomi dengan kurangnya fasilitas parkir sehingga menggunakan bahu jalan sebagai fasilitas parkir dan mengakibatkan kemacetan pada jam puncak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh parkir on street terhadap tingkat pelayanan jalan di kawasan Pecinan, Jalan Pemuda, Kemirirejo, Kota Magelang dengan menghitung derajat kejenuhan kemudian megklasifikasikan dengan tingkat pelayanan jalan. Data yang diambil pada lokasi penelitian adalah kondisi geometrik, kendaraan parkir, cacah kendaraan dan hambatan samping kemudian dianalisis menggunakan MKJI 1997. Dari analisis data yang diperoleh, jalan pada kawasan Pecinan, Jalan Pemuda, Kota Magelang memiliki lebar total jalan asli 10 m dan lebar jalan efektif 6,3 m. Volume tertinggi terjadi pada siang hari dengan 3528 kend/jam dan volume parkir sebesar 226 sepeda motor dan 86 mobil. Hambatan samping pada jam puncak sebesar 227 pejalan kaki, 339 kendaraan parkir dan berhenti, 240 kendaraan keluar, dan 44 kendaraan lambat. Dari analisis menggunakan MKJI 1997 kapasitas jalan dengan adanya on street parking sebesar 2509,056 smp/jam dengan tingkat pelayanan D, sedangkan tanpa adanya on street parking sebesar 4191,264 smp/jam dengan tingkat pelayanan C.

City is one of the areas with rapid economic growth followed by the development of an increasing population that affects the use of increased traffic facilities without the addition of new facilities. In the Chinatown area, Jalan Pemuda, Kemirirejo, Magelang City which is an economic area with a minimum parking facilities,the roadside is used as a parking facility and causes congestion at rush hours. This study aims to analyze the effect of on street parking towards the level of service in the Chinatown, Pemuda street, Kemirirejo, Magelang by calculating the degree of saturation and then classifyied it by the level of service. The data taken at the research location were geometric conditions, parking vehicles, the amount of vehicle counted and side barriers and then analyzed using MKJI 1997. From the analysis of the data obtained, the road in the Chinatown, Pemuda street, Kemirirejo, Magelang has a total original road width of 10 m and an effective road width of 6.3 m. The highest volume occurred during the day with 3528 vehicles/hour and parking volume of 226 motorcycles and 86 cars. Side barriers at rush hours are 227 pedestrians, 339 vehicles parked and stopped, 240 vehicles exit, and 44 vehicles slow. From the analysis using MKJI 1997 the road capacity with on street parking is 2509.056 pcu/hour with service level D, whereas without on street parking is 4191.264 pcu/hour with service level C.

Kata Kunci : On Street Parking, Kapasitas, Pelayanan Jalan, MKJI 1997

  1. D3-2022-401931-abstract.pdf  
  2. D3-2022-401931-bibliography.pdf  
  3. D3-2022-401931-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2022-401931-title.pdf