Analisis Niat Penggunaan Aplikasi MOKA POS Terhadap Pendekataan UTAUT 2
SABDA BADIA RAJA, Sumiyana, Dr., M.Si., Ak., CA.,
2022 | Skripsi | S1 AKUNTANSITujuan - Penelitian ini menganalisa aplikasi MOKA POS yang merupakan platform tempat kasir (check-out counter) dengan mesin kasir (cash register) yang merupakan produk inovatif dan strategis. Aplikasi Moka POS ini menghitung seluruh jumlah harga yang dibeli konsumen dan memberikan pilihan bagi pembeli untuk melakukan pembayaran serta mengeluarkan tanda terima transaksi pembelian yang biasa disebut struk. Dukungan kemajuan teknologi yang membawa perubahaan cukup besar dan berkelanjutan dalam operasional bisnis khususnya dalam usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) telah memungkinkan pelaku bisnis untuk tetap terhubung dengan usaha nya dan melakukan pengawasan setiap saat,sehingga juga mengubah cara pelaku bisnis menggunakan aplikasi MOKA POS. Penelitian ini menguji faktor-faktor yang mempengaruhi niat penggunaan UMKM menggunakan aplikasi MOKA POS untuk mengadopsi dan terus menggunakan aplikasi. Desain/metodologi/pendekataan - hubungan konseptual niat penggunaan pada penggunaan teknologi informasi dalam penelitian ini menggunakan model UTAUT 2. Data primer diolah dengan software SPSS 21 yang dikumpulkan dari kuesioner survey yang dilakukan kepada 105 responden yang menggunakan aplikasi MOKA POS. Temuan- menyebutkan bahwa faktor utama seperti harapan kinerja (performance expectation), harapan upaya (effort expectation), pengaruh social (social influence), dan kondisi fasilitas (facilitating condition), motivasi hedonis (hedonic motivation), nilai harga (price value), dan kebiasaan (habit) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap niat penggunaan aplikasi MOKA POS. Implikasi praktis - temuan ini diharapkan dapat mengedukasi masyarakat tentang layanan aplikasi MOKA POS yang mampu memfasilitasi usaha bisnis nya dan merekomendasikan sistem aplikasi MOKA POS yang aman dan juga membutuhkan pengembangan yang berkelanjutan
Purpose - This study analyzes the MOKA POS application which is a platform where the cashier (check-out counter) with a(cash registercash register) is an innovative and strategic product. This Moka POS application calculates the total price purchased by consumers and provides options for buyers to make payments and issue purchase receipts, commonly known as receipts. The support of technological advances that have brought considerable and sustainable changes in business operations, especially in micro, small and medium enterprises (MSMEs) has enabled business people to stay connected to their businesses and carry out monitoring at any time, thus changing the way businesses use the MOKA POS application. This study examines the factors that influence the intention to use MSMEs using the MOKA POS application to adopt and continue to use the application. Design/methodology/approach - conceptual relationship of intention to use information technology in this study using the UTAUT 2 model. Primary data was processed with SPSS 21 software which was collected from a survey questionnaire conducted to 105 respondents using the MOKA POS application. Findings - main factors such asperformance expectations,effort expectations,social influence, andfacilitating conditions,hedonic motivation,price values, and habit was found to have a significant effect on the intention to use the MOKA POS application. Practical implications - these findings are expected to educate the public about MOKA POS application services that are able to facilitate their business ventures and recommend a safe MOKA POS application system and also requires continuous development
Kata Kunci : UTAUT 2, MOKA POS, Niat Penggunaan