ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI NIAT MENGGUNAKAN LAYANAN BUKU ELEKTRONIK BERBASIS LANGGANAN
GINTA IKHSANIA F, Basu Swastha Dharmmesta, Prof. Dr., M.B.A.
2021 | Skripsi | S1 MANAJEMENPerkembangan buku elektronik mendorong munculnya layanan buku elektronik berbasis langganan. Namun, masih rendahnya pengguna layanan buku elektronik berbasis langganan menjadi permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana faktor-faktor seperti ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, kondisi yang mendukung, kepedulian terhadap lingkungan, manfaat yang dipersepsikan, kebaikan hati, dan keinovatifan memengaruhi niat menggunakan layanan buku elektronik berbasis langganan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden yang mengetahui layanan buku elektronik berbasis langganan, tetapi belum pernah menggunakan layanan tersebut. Temuan dalam penelitian menunjukkan bahwa variabel ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, kepedulian terhadap lingkungan, manfaat yang dipersepsikan, dan kebaikan hati berpengaruh secara positif dan signifikan pada niat menggunakan. Sedangkan variabel kondisi yang mendukung dan keinovatifan tidak berpengaruh secara signifikan pada niat menggunakan. Hasil penelitian ini dapat berkontribusi pada pengembangan layanan buku elektronik berbasis langganan di Indonesia.
The development of e-books encourages the emergence of subscription-based e-book services. However, the low number of users of subscription-based e-book services is a problem faced by companies. This study aims to analyze how factors such as performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions, environmental concern, perceived benefit, benevolence trust, and innovativeness affect the intention to use subscription-based e-book services. The research uses quantitative approach with a survey method. The research was conducted by distributing questionnaires to respondents who know about subscription-based e-book services, but have never used the service. The findings in this research indicate that performance expectancy, effort expectancy, social influence, environmental concern, perceived benefit, benevolence trust, and inovativeness have a positive and significant effect on intention to use. Meanwhile, facilitating conditions and innovativeness have no significant effect on intention to use. The results of this research can contribute to the development of subscription-based e-book services in Indonesia.
Kata Kunci : Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT), kepedulian terhadap lingkungan, manfaat yang dipersepsikan, kebaikan hati, keinovatifan, buku elektronik berbasis langganan, niat menggunakan.