EVALUASI PORTOFOLIO BISNIS PADA PERUSAHAAN PT. XYZ DENGAN MENGGUNAKAN GE/MCKINSEY MATRIX
DWIQIE RIAVIANO, Dr. Rangga Almahendra, S.T., M.M.
2021 | Tesis | Magister ManajemenPerusahaan PT. XYZ merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang konstruksi dan melakukan investasi. Perusahaan ini merupakan perusahaan yang berada di bawah naungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Selama masa pandemi, perusahaan yang berada di dalam industri konstruksi mengalami penurunan pertumbuhan perekonomian, sehingga membutuhkan usaha untuk melakukan perampingan kas untuk meningkatkan biaya operasional. Kementrian BUMN pun memberikan kebijakan kepada masing-masing perusahaan yang bergerak di dalam industri ini untuk melakukan evaluasi terhadap aset atau pun unit bisnis yang dimiliki oleh perusahaan dan melakukan spesialisasi. Penelitian kemudian dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis dan melakukan evaluasi terhadap masing-masing unit bisnis atau segmen pengembangan usaha yang dimiliki oleh perusahaan PT. XYZ dengan menggunakan rerangka GE/Mckinsey Matrix. Rerangka ini merupakan rerangka yang memperhitungkan hasil penilaian terhadap daya tarik industri dan kekuatan kompetitif bisnis dari masing-masing segmen pengembangan usaha. Daya tarik industri merupakan dimensi eksternal dari perusahaan yang mempengaruhi segmen pengembangan usaha dan kekuatan kompetitif bisnis merupakan dimensi internal yang mempengaruhi segmen pengembangan usaha. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data tersebut adalah dengan melakukan wawancara terstruktur terhadap 7 (tujuh) responden yang merupakan manajemen puncak dari perusahaan PT. XYZ dengan panduan berupa kuesioner dengan pemberian skor dan pembobotan. Hasil yang diperoleh dari wawancara adalah sudut pandang responden terhadap daya tarik industri dan kekuatan kompetitif bisnis terhadap masing-masing segmen pengembangan usaha. Selain itu, responden memberikan bobot kepentingan pada masing-masing aspek yang dianalisis. Penelitian pada akhirnya menemukan bahwa terdapat dua segmen pengembangan usaha yang memiliki posisi tidak aman sesuai dengan pemetaan pada GE/Mckinsey Matrix dan segmen pengembangan usaha lain yang harus melakukan investasi dengan selektif.
PT. XYZ is a construction and investment company. This company is under the auspices of the State-Owned Enterprises (BUMN). During the pandemic, companies in the construction industry experienced a decline in economic growth, thus requiring efforts to manage cash in order to increase operational costs. The Ministry of BUMN also provides a policy for each company engaged in this industry to evaluate the assets or business units owned by the company and perform specialization. The research was then carried out with the aim of analyzing and evaluating each business unit or business development segment owned by the company PT. XYZ using the GE/Mckinsey Matrix framework. This framework is a framework that takes into account the results of an assessment of the attractiveness of the industry and the business competitive strength of each business development segment. The attractiveness of the industry is an external dimension of the company that affects the business development segment and the competitive strength of the business is an internal dimension that affects the business development segment. The method used in collecting the data is performing structured interviews with 7 (seven) respondents who are the top management of the company PT. XYZ with a guide in the form of a questionnaire with scoring and weighting. The results obtained from the interview are the respondents' perspectives on the attractiveness of the industry and the competitive strength of the business for each segment of business development. In addition, respondents give importance weight to each aspect analyzed. The research finally found that there are two business development segments that have an not secure position according to the mapping on the GE/Mckinsey Matrix and other business development segments that must invest selectively.
Kata Kunci : Daya Tarik Industri, GE/Mckinsey Matrix, Kekuatan Kompetitif Bisnis, Konstruksi, Strategi