Laporkan Masalah

ANALISIS STRATEGI BERSAING PT. BANK SYARIAH INDONESIA PADA PEMBIAYAAN KONSUMER NON SECURE PASCA MERGER

ADITYA JOKO PAMBAYUN, Rangga Almahendra,. Dr., S.T., M.M.,

2021 | Tesis | Magister Manajemen

Corporate action berupa merger adalah salah satu cara bagi sebuah perusahaan untuk meningkatkan kinerja yang luar biasa ditengah semakin ketatnya persaingan di industri keuangan. Bank Syariah Indonesia merupakan hasil konsolidasi dari tiga anak usaha bank BUMN yang memiliki 5 fokus utama dalam corporate plan nya. Salah satu fokus utama tersebut adalah berfokus kepada pertumbuhan bisnis yang sehat melalui pembiayaan ritel konsumen non secure loan. Agar Bank Syariah Indonesia memiliki competitive advantage pada pembiayaan konsumer, Bank Syariah Indonesia perlu mengetahui kondisi lingkungan eksternal pada industri keuangan dalam pembiayaan konsumer. Selain itu, Bank Syariah Indonesia juga membutuhkan analisis kekuatan internal berupa strategi generik dan analisis kecocokan strategi yang dimiliki sepanjang rantai nilai pembiayaan konsumer sehingga dapat dimanfaatkan untuk mencapai keunggulan bersaing. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu melakukan evaluasi kondisi lingkungan eksternal, menganalisis keunggulan bersaing melalui analisis strategi generik dan menganalisis kecocokan strategi yang terdapat pada rantai nilai pembiayaan konsumer. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif melalui in depth interview terhadap beberapa informan internal Bank Syariah Indonesia yang memiliki kemampuan dan kewenangan pada pembiayaan konsumer non secure loan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peta persaingan di industri perbankan di Indonesia kompetitif dan setiap bank memiliki peluang untuk menciptakan kineja yang menguntungkan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa strategi generik yang diterapkan oleh Bank Syariah Indonesia adalah strategi diferensiasi walaupun masih terdapat strategi low cost pada rantai pemasaran. Sedangkan pada analisis strategic fit didapatkan kecocokan yang tinggi pada seluruh rantai nilai namun sinergi pada rantai aktivitas sales & marketing serta infrastruktur masih dapat ditingkatkan.

Corporate action in the form merger and consolidation are seen as a strategy for a company to improve its outstanding performance in the midst of increasingly fierce competition in the financial industry. Bank Syariah Indonesia which is the result of the consolidation of three subsidiaries of state owned banks that have five main focuses in their corporate plan. One of the main focuses is deliver business growth through non-secure consumer retail financing. In order for Bank Syariah Indonesia to have a competitive advantage in consumer financing, Bank Syariah Indonesia needs to know the external environmental conditions in the financial industry in consumer financing. In addition, Bank Syariah Indonesia also required an analysis in the form of a generic strategy and an analysis of strategic fit of the strategies possessed alon the consumer financing value chain so that they can be utilized to achieve competitive advantage. The purpose of this study is to evaluating external environmental conditions, analyzing competitive advantage through generic strategy analysis and analyzing the strategic fit contained in the consumer financing value chain. This study uses a descriptive method with a qualitative approach through in dept interviews with several informants of Bank Syariah Indonesia who have the ability and authority in non secure consumer financing The result of this study indicate that the competitive landscape in banking industry in Indonesia is competitive and each bank has the opportunity to run profitably. Based on the result of the study, the generic strategy adopted by Bank Syariah Indonesia is differentiation strategy, although there is still a low cost strategy applied in the marketing chain. Meanwhile, in the strategic fit analysis, there is high match in the entire value chain, but the synergi in the sales & marketing activity and infrastructure can still be improved

Kata Kunci : Merger, Konsolidasi, Pembiayaan Konsumer, Perbankan Syariah, Strategi Generik Porter, Analisis Kecocokan Strategi dan Analisis Rantai Nilai

  1. S2-2021-452400-abstract.pdf  
  2. S2-2021-452400-bibliography.pdf  
  3. S2-2021-452400-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2021-452400-title.pdf