Laporkan Masalah

PENGARUH KEPEMIMPINAN MELAYANI TERHADAP KREATIVITAS PENGIKUT DENGAN IKLIM KREATIVITAS PERSEPSIAN SEBAGAI PEMEDIASI

TSAMARAH DZUBYANNI A, Prof. Dr. R. Heru Kurnianto Tjahjono, MM

2021 | Tesis | Magister Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh positif kepemimpinan melayani terhadap kreativitas karyawan dan menguji peran iklim kreativitas persepsian sebagai pemediasi. Model penelitian ini terdiri dari variabel kepemimpinan melayani, kreativitas, dan iklim kreativitas persepsian. Penelitian ini difokuskan untuk melihat pengaruh antar variabel terhadap karyawan perusahaan startup di Indonesia. Penelitian ini bersifat cross-sectional yang dilakukan terhadap 178 karyawan perusahaan startup di Indonesia. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling dengan kriteria karyawan yang bekerja di perusahaan startup yang ada di Indonesia, dengan lama bekerja serta berinteraksi dengan pimpinan / atasan langsung minimal 6 bulan. Jenis data yang dikumpulkan adalah data primer dengan menggunakan kuesioner secara daring melalui Google Form dan dibagikan kepada karyawan startup. Data yang terkumpul kemudian diolah dan dianalisis menggunakan Structural Equation Model-Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil analisis data menemukan bahwa dari kedua hipotesis yang diajukan hanya satu hipotesis yang tidak terdukung, yaitu pengaruh positif kepemimpinan melayani terhadap kreativitas. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa iklim kreativitas persepsian memediasi secara penuh pengaruh positif kepemimpinan melayani terhadap kreativitas karyawan. Sehingga para pemimpin yang melayani perlu membangun iklim kreativitas di dalam perusahaan agar dapat meningkatkan kreativitas karyawan dalam melakukan pekerjaannya. Penelitian ini memiliki implikasi praktis dan empiris, serta saran untuk penelitian di masa yang akan datang.

This study aimed to examine the positive effect of servant leadership on followers' creativity and the role of climate for creativity as a mediator variable on the relationship between servant leadership and followers' creativity. This research model consists of variables servant leadership, creativity, and climate for creativity. This research is focused on looking at the influence between variables on employees of startup companies in Indonesia. This research is a cross-sectional study that was conducted on 178 employees of startup companies in Indonesia. The sampling technique used in this study was purposive sampling with criteria that the employees working in startup companies in Indonesia, with a long working period and interacting with their direct leaders for at least 6 months. The type of data collected was primary data using online questionnaires via Google Form and distributed to startups employees. The collected data were then processed and analyzed using Structural Equation Model-Partial Least Square (SEM-PLS). The results of data analysis found that of the two hypotheses proposed, only one hypothesis was not supported, it was the positive influence of servant leadership on creativity. The findings of this study indicate that the climate for creativity fully mediated the positive effect of servant leadership on followers' creativity. So, the servant leaders need to build a climate for creativity within the company to increase employee creativity on doing their jobs. This research has practical and empirical implications, as well as suggestions for future research.

Kata Kunci : kepemimpinan melayani, kreativitas pengikut, iklim kreativitas persepsian

  1. S2-2021-465150-abstract.pdf  
  2. S2-2021-465150-bibliography.pdf  
  3. S2-2021-465150-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2021-465150-title.pdf