Laporkan Masalah

Peran Program Kesejahteraan Pegawai di Kantor Unit Taman Wisata Candi Borobudur terhadap Kinerja Pegawai

MONICA ALEXANDRA YP, M. Sidiq Wicaksono, S.E., M.Sc., C.H.E

2021 | Tugas Akhir | D3 PARIWISATA

Perusahaan didirikan berdasarkan dengan tujuan tertentu untuk mendapatkan keuntungan sekaligus pemenuhan atas fungsi ekonomi sebagai fungsi dasar dalam sistem kehidupan manusia. Tujuan tersebut dapat tercapai apabila didukung dengan keberadaan manusia sebagai komponen utama dalam proses perencanaan hingga pelaksanaan sampai dengan tercapainya suatu tujuan. Keseimbangan antara perusahaan dan sumber daya manusia perlu dijaga serta mendapatkan perhatian lebih. Program kesejahteraan dalam sebuah perusahaan bertujuan untuk menjaga keseimbangan antara perusahaan dan sumber daya manusia sekaligus untuk meningkatkan kinerja pegawai sehingga diperoleh hasil yang maksimal.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui program kesejahteraan pegawai di Kantor Unit Taman Wisata Candi Borobudur dan untuk mengetahui pandangan pegawai terhadap peranan program kesejahteraan pegawai terhadap kinerjanya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dengan metode kualitatif eksploratif. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah wawancara dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian berdasar pada manajer sebagai subjek pelaku manajemen dalam perusahaan dan pegawai dari setiap status kepegawaian sebagai objek utama sumber daya manusia. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, program kesejahteraan di Kantor Unit Taman Wisata Candi Borobudur (Persero) sebagai sebuah perusahaan BUMN milik pemerintah dapat disimpulkan bahwa program tersebut sudah baik, oleh karena sudah dapat memenuhi sebagian besar dari indikator poin-poin program kesejahteraan secara umum meliputi program benefits, services, dan facilities. Kedua, pandangan pegawai terhadap peran program kesejahteraan terhadap kinerjanya dapat disimpulkan bahwa program kesejahteraan yang dimiliki Unit Borobudur baik penyelenggaraan maupun pelaksanaan sudah dapat berperan dalam meningkatkan kinerja pegawai. Pengukuran dilakukan menggunakan indikator pada employee engagement oleh Robertson-Smith & Markwick. Berdasarkan indikator tersebut indikator peluang pengembangan diri & pengakuan serta indikator penghargaan kemudian dijadikan sebagai acuan pengukuran.

The Company was established based on the specific purpose of gaining profit as well as fulfillment of the function of the economy as a basic function in the human system of life. This goal can be achieved if supported by the existence of humans as the main component in the planning process of implementation until a goal is achieved. The balance between the company and human resources needs to be maintained and get more attention. Welfare programs within a company aim to maintain a balance between companies and human resources at the same time to improve employee performance so that maximum results are obtained. The purpose of this research is to find out the welfare program of employees at the Borobudur Temple Tourism Park Unit Office and to know the employee's view on the role of the employee welfare program on its performance. This research uses this type of research with exploratory qualitative methods. The techniques used for data collection are interviews and documentation. Samples in the study are based on managers as the subject of management actors in the company and employees of each staffing status as the primary object of human resources. The results showed that: First, the welfare program at the Unit Office of Borobudur Temple Tourism Park (Persero) as a state-owned company, it can be concluded that the program is good, because it can meet most of the indicators of welfare program points in general including benefits programs, services, and facilities. Second, the employee's view of the role of welfare programs on their performance can be concluded that the welfare program owned by the Unit of Borobudur, both system and implementation, can already play a role in improving employee performance. The measurement was taken using indicators on employee engagement by Robertson-Smith &Markwick. Based on these indicators, the indicators of self-development opportunities & recognition and award indicator is then used as measurement references.

Kata Kunci : program kesejahteraan, kinerja, sumber daya manusia, Candi Borobudur

  1. D3-2021-415579-abstract.pdf  
  2. D3-2021-415579-bibliography.pdf  
  3. D3-2021-415579-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2021-415579-title.pdf