Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi di Ramayana Ballet Prambanan (JANUARI-FEBRUARI 2020)
INAS MEILINA H P, Tuti Elfrida S.Ant., M.A
2021 | Tugas Akhir | D3 PARIWISATAMedia sosial merupakan sebuah sarana yang dapat digunakan oleh individu maupun kelompok untuk saling berinteraksi. Saat ini media sosial juga banyak digunakan sebagai media promosi oleh individu maupun perusahaan. Terdapat banyak media sosial yang dapat digunakan sebagai sarana promosi salah satunya adalah instagram. Instagram memiliki berbagai fitur menarik yang dapat digunakan oleh penggunanya. Ramayana Ballet Prambanan merupakan salah satu proyek bisnis milik PT.Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (persero) di bawah Unit Teater dan Pentas Prambanan yang bergerak dibidang seni pertunjukkan dan restoran. Ramayana Ballet menggunakan instagram sebagai media promosi karena dinilai efektif untuk menjangkau audiens secara luas. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media sosial instagram @ramayanaprambanan untuk menarik minat wisatawan. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini diperoleh melalui penilaian terhadap bauran promosi sebagai advertising, sales promotion, direct marketing, dan public relations. Pemanfaatan instagram @ramayanaprambanan sudah cukup optimal untuk menarik minat wisatawan datang berkunjung dengan adanya wisatawan yang mendapatkan informasi tentang pementasan melalui instagram.
Social media is a tools that can be used by individuals and groups to interact with each other. Currently, social media is also used as a promotional media by individuals and companies. There are many social media that can be used for promotion, one of them is instagram. Instagram has various interesting features that can be used. Ramayana Ballet Prambanan is one of the business projects of PT.Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, & Ratu Boko under the Prambanan Theater and Performance Unit which is engaged in the performing arts and restaurants. Ramayana Ballet uses instagram as a promotional media because it is considered effective in reaching a broad audience. This research was conducted using qualitative methods with data collection techniques through observation, interviews, and literature studies. The results of this study were obtained through exploration of the promotional mix as advertising, sales promotion, direct marketing, and public relations. Instagram @ramayanaprambanan is optimal enough to attract tourists to come visit with tourists to come to visit with tourists who get information about performance via instagram.
Kata Kunci : Pemanfaatan Media sosial, Media Promosi, Instagram, Ramayana Ballet Prambanan, PT.TWC / Social Media, Promotions Media, Instagram, Ramayana Ballet Prambanan, PT.TWC