Laporkan Masalah

STRATEGI PEMASARAN BISNIS RETAIL TOKO WARALABA ALFAMART DITINJAU DARI PRINSIP-PRINSIP ETIKA BISNIS

FATIMAH, Prof. Dr. Lasiyo. M.A.,M.M.

2021 | Skripsi | S1 FILSAFAT

Penelitian ini berjudul Strategi Pemasaran Bisnis Retail Toko Waralaba Alfamart ditinjau dari Prinsip-Prinsip Etika Bisnis. Penelitian ini mengangkat permasalahan dalam psikologi pemasaran bisnis retail yang menerapkan promotional strategi untuk memperoleh keuntungan besar-besaran. Diskon besar akan menimbulkan perilaku konsumerisme dan tanpa disadari akan merugikan konsumen. Permasalahan ini akan dikaji secara mendalam dengan tinjauan dari prinsip-prinsip etika bisnis. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskrepsikan dan menganalisis permasalan psikologi pemasaran dalam bisnis retail toko waralaba Alfamart dengan menggunakan sudut pandang prinsip-prinsip etika bisnis. Objek material penilitian ini adalah psikologi pemasaran dan objek formal penelitian ini adalah prinsip prinsip etika bisnis. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif bidang filsafat dengan model penelitian sistematis reflektif yang diperkuat dengan studi kepustakaan melalui berbagai buku, jurnal, artikel ilmiah, dan berita. Penelitian ini diawali dengan tahap persiapan, pengumpulan data, klasifikasi data, analisis data, dan penyusunan hasil. dengan analisis data menggunakan unsur-unsur metodis a) Deskripsi, b) interpretasi, c) holistik, d) heuristika, dan e) reflektif.  Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka diperoleh hasil dari penelitian ini yaitu: Pertama, pengetahuan prinsip umum etika bisnis yaitu prinsip otonomi, prinsip kejujuran, prinsip keadilan, prinsip saling menguntungkan dan prinsip integritas moral. Kedua, pemahaman mengenai strategi pemasaran dalam bisnis retail toko waralaba Alfamart. Ketiga memperoleh penjelasan mengenai psikologi pemasaran dalam bisnis retail toko waralaba Alfamart yang ditinjau dari prinsip-prinsip etika bisnis. Psikologi pemasaran dalam bisnis retail toko waralaba Alfamart sudah sesuai dalam prinsip etika bisnis. 

The research is entitled Marketing Strategy in the Retail Bussiness of Alfamart Franchise Store Viewed from Principle of Business Ethichs. This research raises problems in the marketing psychology of retail business that applies promotional strategies to gain massive profits. Big discount will lead to consumerism behavior and without realizing that it will harm consumers. This issue will be studied in depth with a review of the principles of business ethics. The purpose of this research is to describe and analyze the problem of marketing psychology in the retail business of Alfamart franchise stores from the principle of business ethics. The material object of this research is marketing psychology and the formal object is of this research is the principle of business ethics. This research is a qualitative in the field of philosophy with a reflective sistematic research model which is strengthened by literature studies through various books,journals, scientific articles and news. This research begins with preparation, data collection, data classification, data analysis, and data compiling. Data analysis uses methodical element a) description, b) interpretation, c)holistic, d)heuristics, and e) reflective. Based on the research that has been done, the result obtained from this study are: first, knowledge of general principle of business ethics, namely the principle of autonomy, the principle of honest, the principle of justice, the prinsiple of mutual benefit and the principle of moral integrity. Second, understanding the marketing strategy in the retail business of Alfamart franchise stores. Third, obtain an explanation of marketing psychology in the retail business of Alfamart franchise stores viewed from business ethical principle. Marketing psychology in the retail business of Alfamart franchise stores is in accordance with the principle of business ethics.

Kata Kunci : psikologi pemasaran, Alfamart, prinsip etika bisnis

  1. S1-2021-408881-abstract.pdf  
  2. S1-2021-408881-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-408881-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-408881-title.pdf