Laporkan Masalah

PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PRODUK WISATA ALAM TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG OBYEK WISATA ALAM POSONG, KABUPATEN TEMANGGUNG

IKA WILDA AGUSTINA, Ir. Retno Nur Utami, MP.

2021 | Skripsi | S1 KEHUTANAN

Salah satu daerah di Provinsi Jawa Tengah yang cukup berpotensi dalam pariwisata adalah daerah Kabupaten Temanggung. Adapun tempat wisata favorit di Kabupaten Temanggung adalah Obyek Wisata Alam (OWA) Posong yang berada di lembah Gunung Sindoro yang terletak di Desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung. OWA Posong merupakan salah satu destinasi pariwisata yang pertumbuhan wisatawannya mengalami peningkatan setiap tahunnya. Dalam upaya untuk mempertahankan eksistensi OWA Posong di masa yang akan datang, maka pengelola perlu memahami persepsi pengunjung terhadap tiga komponen atau faktor utama penyusun destinasi wisata utama, yakni komponen atau faktor atraksi, aksesibilitas, dan amenitas, dan pengaruhnya terhadap perilaku pasca-kunjungan seperti kepuasan yang dirasakan pengunjung. Ketiga faktor utama tersebut disebut juga dengan faktor-faktor produk wisata; atau faktor-faktor produk wisata alam dalam konteks OWA Posong. Penelitian ini berlokasi di Obyek Wisata Alam Posong yang secara administratif terletak di Desa Tlahap, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2021. Pengumpulan data penelitian (data responden pengunjung) dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian yang berupa kuesioner online. Sampel pengunjung (responden) ditetapkan sejumlah 100 orang menggunakan teknik perandoman. Data dianalisis secara deskriptif dan statistik inferensial (regresi linier berganda). Berdasarkan analisis data dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa rata-rata persepsi pengunjung terhadap faktor atraksi OWA Posong baik (4,47), sedangkan untuk persepsi pengunjung terhadap faktor amenitas cukup (3,44), persepsi pengunjung terhadap faktor aksesibilitas cukup (3,50), dan persepsi kepuasan pengunjung di OWA Posong baik (4,32). Faktor atraksi (X1), amenitas (X2) dan aksesibilitas (X3) secara simultan/bersama-sama signifikan berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung (Y) di OWA Posong.

One of the areas in Central Java Province that is quite potential in tourism is the Temanggung Regency area. The favorite tourist spot in Temanggung Regency is the Posong Nature Tourism Object (OWA), which is in the valley of Mount Sindoro which is located in Tlahab Village, Kledung District, Temanggung Regency. OWA Posong is one of the tourism destinations whose tourist growth has increased every year. In an effort to maintain the existence of OWA Posong in the future, managers need to understand visitor perceptions of the three main components or factors that make up the main tourist destinations, namely the components or factors of attraction, accessibility, and amenities, and their influence on post-visit behavior such as satisfaction. perceived by visitors. This research is located in Posong Nature Tourism Object which is administratively located in Tlahap Village, Kledung District, Temanggung Regency. This research was conducted in May-June 2021. The collection of research data (visitor respondent data) was carried out using a research instrument in the form of an online questionnaire. The sample of visitors (respondents) is set at 100 people using the manual technique. Data were analyzed descriptively and statistically inferential (multiple linear regression). Based on the data analysis and discussion that has been carried out, it can be seen that the averagevisitors' perception of the OWA Posong attraction factor is good (4.47), while the visitor's perception of the amenities factor is sufficient (3,44), the visitor's perception of the accessibility factor is sufficient (3.50), and the perception of visitor satisfaction at OWA Posong is good (4.32). Factors of attraction (X1), amenities (X2) and accessibility (X3) simultaneously significantly affect visitor satisfaction (Y) at OWA Posong.

Kata Kunci : Obyek Wisata Alam Posong, Kepuasan Pengunjung, Persepsi Pengunju/Posong Natural Tourism Object, Visitor Satisfaction, Visitor Perception

  1. S1-2021-412510-abstract.pdf  
  2. S1-2021-412510-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-412510-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-412510-title.pdf