Laporkan Masalah

Prinsip Otonomi Etika Bisnis dalam Manajemen Coffee Shop Ruang Kita Jakarta

ERIC CANTONA SINAGA, Prof. Dr. Lasiyo, M.A., M.M

2021 | Skripsi | S1 FILSAFAT

Penelitian ini berjudul Prinsip Otonomi Etika Bisnis dalam Manajemen Coffee Shop Ruang Kita Jakarta. Penelitian ini mengkaji mengenai pentingnya prinsip otonomi dalam mengembangkan Coffee Shop Ruang Kita Jakarta. Coffee Shop Ruang Kita yang berada di Jakarta selatan dan dalam kegiatan bisnisnya yang menjual minuman kopi dan non kopi. Objek formal yang menggunakan prinsip otonomi etika bisnis diharapkan mampu untuk memberi pemahaman baru tentang permasalahan dalam manajemen Coffee Shop Ruang Kita Jakarta. Model Penelitian dalam penelitian ini adalah model penelitian filosofis yang bersifat kualitatif mengenai bisnis Coffee Shop, dengan melakukan studi pustaka dan wawancara. Tahapan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, inventarisasi data, analisis sintesis dan penyusunan hasil. Langkah � langkah yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara serta observasi Coffee Shop Ruang Kita Jakarta selanjutnya inventarisasi data dan menganalisis secara kritis mengenai prinsip otonomi etika bisnis dalam manajemen Coffee Shop Ruang Kita Jakarta dengan penjelasan berdasarkan landasan-landasan prinsip etika bisnis. Hasil penelitian ini menunjukkan prinsip otonomi memberikan hak dan wewenang pada setiap sumber daya manusia yang bekerja dalam kegiatan bisnis Coffee Shop Ruang Kita Jakarta. Kegiatan bisnis Ruang Kita Jakarta dilihat peneliti telah bertindak sesuai dengan prinsip-prinsip etika bisnis yang berlaku. Hal ini secara khusus dapat dilihat di dalam prinsip otonomi, serta hubungan antara prinsip otonomi dengan prinsip-prinsip lainnya sebagai sebuah pertanggungjawaban atas kebebasan.

This study entitled the Principles of Business Ethics Autonomy in the Management of the Ruang Kita Coffee Shop Jakarta. This study examines the importance of the principle of autonomy in developing the Ruang Kita Coffee Shop Jakarta. Ruang Kita Coffee Shop which is located in South Jakarta and in its business activities that sells coffee and non-coffee drinks. The formal object that uses the principle of business ethics autonomy is expected to be able to provide a new understanding of the problems in the management of the Ruang Kita Jakarta Coffee Shop. The research model in this study is a qualitative philosophical research model regarding the Coffee Shop business, by conducting literature studies and interviews. The stages in this research are observation, interview, data inventory, synthesis analysis and result compilation. The steps taken in this research are interviews and observations of the Ruang Kita Jakarta Coffee Shop, then inventory data and critically analyze the principles of business ethics autonomy in the management of the Ruang Kita Jakarta Coffee Shop with an explanation based on the principles of business ethics. The results of this study indicate that the principle of autonomy gives rights and authority to every human resource who works in the business activities of the Ruang Kita Jakarta Coffee Shop. Ruang Kita Jakarta business activity is suitable with business ethics principles. This result can be seen specifically in autonomy principle and the relation between autonomy principle with the other principles as a responsibility for the free will.

Kata Kunci : Coffee Shop, Etika Bisnis, Otonomi

  1. S1-2021-397362-abstract.pdf  
  2. S1-2021-397362-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-397362-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-397362-title.pdf