Laporkan Masalah

PENYUSUNAN STRATEGI BUSINESS TO BUSINESS BRANDING UNTUK LAMAN PT STUDIO MINERAL BATUBARA

CHAESARY HUSNA R, Yulia Arisnani Widyaningsih, M.B.A., Ph.D.

2021 | Tesis | Magister Manajemen

Industri pertambangan merupakan industri dengan potensi yang besar. Dalam industri ini, jenis bisnis yang berjalan adalah business-to-business (B2B). Persaingan yang tinggi dalam pasar B2B membuat perusahaan harus menyusun strategi agar dapat terus mempertahankan eksistensinya dan memenangkap persaingan dalam pasar. PT Studio Mineral Batubara (PT SMB) merupakan perusahaan yang bergerak di industri pertambangan dalam lini perusahaan penyedia jasa konsultan bidang pertambangan. PT SMB menyadari pentingnya branding bagi perusahaan B2B dengan tujuan meningkatkan kesadaran merek agar tujuan ekspansi pasar dapat tercapai. Perkembangan industri pertambangan yang semakin pesat telah membuka tantangan baru bagi PT SMB untuk membentuk branding. Berkembangnya digitalisasi menjadi pertimbangan lain dalam membangun branding melalui media digital yaitu laman atau laman. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan melibatkan pihak manajemen PT SMB. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi langsung melihat jalannya operasional bisnis PT SMB. Penyusunan strategi B2B branding bagi PT SMB dilakukan berdasarkan analisis STP, proposisi nilai, dan identitas merek yang dituangkan dalam laman PT SMB. Dari analisis yang telah dilakukan, dibentuk strategi dengan memperhitungkan pendekatan yang tepat untuk target pasar berupa perusahaan pertambangan dan posisi berupa perusahaan yang memiliki keunggulan kepemimpinan biaya dan tenaga ahli kompeten. Proposisi nilai PT SMB adalah menawarkan jasa aktivitas penunjang kegiatan pertambangan yang mengacu pada nilai service excellence dan good governance. Kedua analisis tersebut dijadikan sebagai acuan dalam membangun identitas merek PT SMB dan diaplikasikan dalam laman.

Mining industry is an industry with a great potential for the present and future day. The type of business that work on this industry is business-to-business (B2B). High competition in the B2B market makes companies have to develop strategies purposefully to maintain their existence and capture competition in the market. PT Studio Mineral Batubara (PT SMB) is a company that engaged in the mining industry, provides mining consulting services. PT SMB realizes the noteworthiness of branding for B2B companies in order to increase their brand awareness, so that the goal of market expansion can be achieved.. The rapid development of mining industry has opened up new challenges for PT SMB to establish a branding. Digitization development is another consideration in building a branding through digital media, namely pages or websites. This study used a qualitative descriptive method involving the management division of PT SMB. Data collection was carried out by interview and direct observation to see the PT SMB's business operations. The preparation of a B2B branding strategy for PT SMB done based on the STP analysis, value preposition, and brand identity as outlined in the PT SMB's website. From the result analysis, a formed strategy weigh up the right approach for the target market. The first approach used was in the form of mining companies; second approach was positioning, in the form of companies that have the advantages of cost leadership and very competent people. The value proposition of PT SMB is to offer activities to support mining activities which refer to the value of service excellence and good governance. Both analyzes were used as references in establishing the PT SMB brand identity and applied on the website.

Kata Kunci : Business-to-Business Branding, Digital Branding, Kesadaran Merek, Brand Awareness

  1. S2-2021-436766- abstract.pdf  
  2. S2-2021-436766- Bibliography.pdf  
  3. S2-2021-436766-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2021-436766-title.pdf