Laporkan Masalah

ANALISIS ORGANISASI PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK TERPADU DI KEMENTERIAN (Studi Koordinasi Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Di Kementerian Kesehatan RI)

JUNI WIDIYASTUTI, Dr. Suripto, S.I.P, M.P.A.

2021 | Tesis | MAGISTER ILMU ADMINISTRASI PUBLIK

Salah satu strategi yang ditempuh Pemerintah untuk memperbaiki pelayanan publik adalah melalui pembentukan pelayanan terpadu baik di pusat maupun di daerah. Pembentukan Unit Layanan Terpadu di Kementerian Kesehatan berkaitan dengan beberapa satuan kerja teknis dalam pelaksanaannya, maka tantangan yang dihadapi adalah koordinasi. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam pelaksanaan koordinasi penyelenggaraan pelayanan publik terpadu di tingkat kementerian, yaitu penyelenggaraan pelayanan publik di Unit Layanan Terpadu Kementerian Kesehatan RI, untuk selanjutnya dapat memberikan gambaran pelaksanaan koordinasi pelayanan terpadu di kementerian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan analisis kualitatif. Data berasal dari data primer berupa wawancara dan observasi serta data sekunder. Hasil penelitian diperoleh bahwa koordinasi pada penyelenggaraan pelayanan terpadu di Unit Layanan Terpadu Kementerian Kesehatan dilakukan Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat dengan para pimpinan satuan kerja teknis penyelenggara layanan. Terdapat seorang Koordinator yang bertugas sebagai penghubung yang menjaga hubungan baik antar satuan kerja, melancarkan arus informasi dan mengintegrasikan kegiatan dan layanan. Saran yang diajukan adanya sebuah pakta intregritas/komitmen dari pimpinan sampai ke petugas bahwa pelayanan publik menjadi prioritas.

One of the strategies adopted by the Government to improve public services is through the establishment of integrated service both at the central and regional levels. The establishment of an Integrated Service Unit at the Ministry of Health is related to several technical work units in its implementation, so the challenge faced is coordination. This study aims to deeper into the implementation of the coordination of the management of one stop public services at the ministry level, the management of public services at the Integrated Service Unit of the Ministry of Health of the Republic of Indonesia, in order to further provide an overview of the implementation of integrated service coordination in the ministry. This research is a descriptive research with qualitative analysis. Data comes from primary data in the form of interviews and observations and also secondary data. The results showed that the coordination in the implementation of one stop services in Integrated Service Unit of the Ministry of Health was carried out by the Head of the Communications and Public Service Bureau with the heads of the technical work units for service providers. There is a Coordinator who acts as a liaison who maintains good relations between work units, facilitates the flow of information and integrates activities and services. The suggestion put forward is the existence of an integrity pact/commitment that public service is a priority from the leadership to the officers.

Kata Kunci : Koordinasi, Pelayanan Terpadu, Kementerian

  1. S2-2021-434197-abstract.pdf  
  2. S2-2021-434197-bibliography.pdf  
  3. S2-2021-434197-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2021-434197-title.pdf