Laporkan Masalah

PENGARUH KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN

UTHARI ANGGIA DEWI, Sahid Susilo Nugroho, Dr., M.,Sc.,

2021 | Tesis | Magister Manajemen

Riset ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas informasi pada getok tular daring terhadap keputusan pembelian konsumen. Model penelitian yang digunakan dalam riset ini terdiri dari kualitas informasi, kedekatan psikologis sosial, kepercayaan, dan keputusan pembelian. Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 160 responden dan sampel diambil menggunakan non-probability dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pendekatan kuantitatif menggunakan kuesioner daring yang disebarkan dengan kriteria yang sudah ditentukan. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan teknik perhitungan statistik regresi sederhana dan regresi berganda dengan alat analisis SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas informasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kedekatan psikologis sosial, kualitas informasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan, kedekatan psikologis sosial memiliki pengaruh terhadap kepercayaan, kedekatan psikologis sosial memediasi hubungan antara kualitas informasi dan kepercayaan, dan kepercayaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhdap keputusan pembelian.

This research aims to determine the effect of information quality on electronic word-of-mouth on consumer purchasing decisions. The research model used in this research consists of information quality, social psychological distance, trust, and purchasing decisions. The number of samples in this study amounted to 160 respondents and samples were taken using non-probability with purposive sampling technique. Data collection techniques were carried out through a quantitative approach using online questionnaires distributed with predetermined criteria. The analytical method in this study used a statistical calculation technique of simple regression and multiple regression with SPSS analysis tools. The results showed that the quality of information has a positive and significant influence on social psychological distance, the quality of information has a positive and significant influence on trust, social psychological distance has a positive and significant influence on trust, social psychological distance mediates the relationship between information quality and trust, and trust has a positive and significant influence on purchasing decisions.

Kata Kunci : Getok tular daring, kualitas informasi, kedekatan psikologis sosial, kepercayaan, keputusan pembelian, electronic word-of-mouth, information quality, social psychological distance, trust, purchase decisions

  1. S2-2021-447657-abstract.pdf  
  2. S2-2021-447657-bibliography.pdf  
  3. S2-2021-447657-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2021-447657-title.pdf