Laporkan Masalah

Evaluasi Kinerja Parkir Sebelum dan Setelah Kebijakan Penerapan Parkir Elektronik Berlangganan (E-Parkir) di Kota Tarakan

SANDRA WIDYASARI, Nunuk Dwi Retnandari, Dr., MS

2021 | Tesis | MAGISTER ILMU ADMINISTRASI PUBLIK

Evaluasi kinerja parkir sebelum dan setelah kebijakan penerapan parkir elektronik berlangganan di Kota Tarakan dalam penelitian ini ditinjau berdasarkan beberapa kriteria. Kriteria tersebut mengacu pada tujuan penetapan Peraturan Walikota Tarakan Nomor 1 Tahun 2020. Selain dalam rangka perbaikan pelayanan parkir yang selama ini dianggap masih belum optimal, perubahan penyelenggaraan pelayanan perparkiran dilakukan untuk mendukung salah satu program unggulan Pemerintah Kota Tarakan, yaitu Program Smart City. Penelitian ini memiliki dua tujuan, yaitu (1) mengkomparasikan kinerja parkir sebelum dan setelah penerapan parkir elektronik berlangganan (e-parkir) di Kota Tarakan dan (2) menguraikan faktor yang dapat direkomendasikan untuk perbaikan kebijakan terkait kinerja parkir elektronik berlangganan di Kota Tarakan. Penelitian dengan metode campuran ini mengadopsi tipe sequential explanatory (penggabungan kuantitatif dan kualitatif secara berurutan). Lima kriteria yang telah ditetapkan kemudian diklasifikasikan berdasarkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Tiga kriteria yang dianalisis dengan pendekatan kuantitatif yakni kriteria kemudahan, keringanan, dan pelayanan. Selanjutnya, dua kriteria lainnya dianalisis secara kualitatif yaitu kepastian dan pendapatan. Pendekatan kuantitatif dilakukan dengan uji paired sample t test menggunakan SPSS. Sementara teknik kualitatif dilakukan dengan observasi lapangan maupun wawancara kepada sumber informan yang relevan untuk menjawab pertanyaan seputar pengelolaan parkir sebelum dan setelah penerapan e-parkir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga kriteria yang dianalisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan kinerja parkir sebelum dan setelah kebijakan penerapan parkir elektronik berlangganan (e-parkir) di Kota Tarakan. Sebagian besar responden e-parkir merasakan benefit dengan kebijakan penerapan e-parkir. Dari kelima kriteria yang diamati, keempat kriteria menunjukkan hasil yang lebih baik bila dikomparasikan dengan kondisi sebelum penerapan e-parkir. Sementara kriteria pendapatan tidak dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Ketika dilakukan perbandingan sebelum dan setelah penerapan e-parkir, pendapatan setelah penerapan e-parkir mengalami defisit untuk biaya operasional penggajian juru parkir. Faktor-faktor yang diduga berpengaruh terhadap kinerja parkir elektronik berlangganan (e-parkir) dibedakan menjadi dua, terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang berpengaruh adalah komunikasi, sumberdaya, disposisi, dan struktur birokrasi. Sementara faktor eksternalnya yaitu faktor teknologi dan faktor insentif dan disinsentif.

Parking performance evaluation before and after the implementation of Tarakan City annual payment electronic parking (e-parking) policy in this research based on several criteria. These criteria refers to the aim of implementation Peraturan Walikota Nomor 1 Tahun 2020. In addition to improve the parking services which so far are considered to be inadequate, modification of parking services performance is furthermore to support one of the Tarakan City Government������¢���¯���¿���½���¯���¿���½s priority program, namely Smart City Program. This research has two goals: (1) to compare parking performance before and after implementation of annual payment electronic parking policy (e-parking) in Tarakan City, and (2) to elaborate recommendation factors aimed at enhancing policy improvement about performance of annual payment electronic parking (e-parking) in Tarakan City. This research used mixed methods with sequential explanatory design type (combining quantitative and qualitative sequentially). The five predefined criteria were then classified based on quantitative and qualitative methods. There of these criteria were analysed by quantitative methods, namely: ease, waivers and service. And the other two criteria were analysed by qualitative methods, namely validity and revenue. The quantitative method conducted by paired sample t test using SPSS. And the qualitative methods conducted by field observation and interviews with relevant informants to answer the question about parking management before and after the implementation of e-parking. The result showed that the three criteria analysed by quantitative methods had differences in parking performance before and after the implementation of annual payment electronic parking (e-parking) in Tarakan City. The majority of respondents identified the policy of e0parking benefits. And the other criteria which are analyzed by qualitative methods, indicating that the revenue criteria has not accomplished the target. When comparing before and after the implementation of e-parking policy, after the e-parking implementation indicated that revenue experienced a deficit in terms of operating costs for parking attendants payroll. The influential factors of annual payment electronic parking (e-parking) performance divided into two factors, internal and external. The influential internal factors are communication, resources, disposisi, dan bureaucratic structure. Whereas the influential external factors are technologies and incentive and disincentive.

Kata Kunci : Parkir Elektronik Berlangganan, E-Parkir, Perbandingan Kinerja Parkir

  1. S2-2021-449107-abstract.pdf  
  2. S2-2021-449107-bibliography.pdf  
  3. S2-2021-449107-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2021-449107-title.pdf