Laporkan Masalah

Kepemimpinan Pemberdayaan: Anteseden dan Pengaruh terhadap Kreativitas Bawahan dengan Dukungan Kreativitas sebagai Pemoderasi

ERICA FEBIANTI NUR P, Rr. Tur Nastiti, M.Si., Ph.D

2021 | Tesis | MAGISTER SAINS MANAJEMEN

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji anteseden dari kepemimpinan pemberdayaan dan pengaruhnya pada kreativitas bawahan. Anteseden dari kepemimpinan pemberdayaan terdiri dari orientasi jarak kekuasaan, orientasi kolektivisme, narsisme, stres kerja, dan perilaku proaktif bawahan. Penelitian ini juga menguji peran pemoderasi dukungan kreativitas pada pengaruh kepemimpinan pemberdayaan dan kreativitas bawahan. Data survei didapatkan dari 113 pemimpin dan 113 bawahan yang bekerja di industri kreatif sub sektor fesyen di Kota Bandung. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Structured Equation Model Partial Least Square (SEM-PLS) dengan alat analisis WarpPLS versi 7.0. Hasil analisis data menunjukan bahwa orientasi jarak kekuasaan dan orientasi kolektivisme mempengaruhi kepemimpinan pemberdayaan, namun faktor individu yang berupa narsisme tidak berpengaruh pada kepemimpinan pemberdayaan. Selain itu perilaku proaktif bawahan secara signifikan memiliki pengaruh negatif pada kepemimpinan pemberdayaan. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa kepemimpinan pemberdayaan memiliki pengaruh positif pada kreativitas bawahan. Selajutnya, hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan kreativitas tidak memoderasi pengaruh positif kepemimpinan pemberdayaan pada kreativitas bawahan. Penelitian ini memiliki kontribusi baik teoritis maupun praktis serta memberikan beberapa saran untuk penelitian lebih lanjut.

This study aimed to examine the antecedents of empowering leadership and its influence on employee creativity. The antecedents of empowerment leadership consist of power distance orientation, collectivism orientation, narcissism, job stress, and employee’s proactive behavior. This study also examined the moderating role of creativity support on empowering leadership and employee creativity. Data collected from 113 leaders and 113 employees who work in the fashion industry in Bandung. Data analysis performed using the Structured Equation Model Partial Least Square (SEM-PLS) with WarpPLS version 7.0. Research findings found that power distance orientation and collectivism orientation influence empowering leadership, but narcissism does not influence empowering leadership. In addition, employee proactive behavior of subordinates has a negative influence on empowering leadership. The research also shows that empowering leadership has a positive influence on employee creativity. Furthermore, the results showed that creativity support does not moderate the positive influence of empowering leadership and employee creativity. This research has theoretical and practical contributions and provides some suggestions for further research.

Kata Kunci : Kepemimpinan pemberdayaan, kreativitas, dukungan kreativitas

  1. S2-2021-432904-abstract.pdf  
  2. S2-2021-432904-bibliography.pdf  
  3. S2-2021-432904-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2021-432904-title.pdf