Laporkan Masalah

FORMULASI MISI, VISI DAN NILAI PADA USAHA KECIL NADIRAA

SAYED AKBAR MUSAFI, T. Hani Handoko, Dr., M.B.A.

2021 | Tesis | Magister Manajemen

Misi dan visi penting untuk bisnis tumbuh dan berkembang. Selama ini, misi dan visi hanya dapat ditemui pada perusahaan besar, akan tetapi, konsep misi dan visi dapat diterapkan pada bisnis kecil. Studi ini meneliti UMKM Nadiraa yang masih belum memiliki pernyataan misi dan visi. Ketiadaan misi dan visi membuat Nadiraa kesulitan dalam merancang rencana strategik. Penelitian ini bertujuan untuk memformulasikan misi, visi dan nilai yang tepat bagi Nadiraa agar organisasi dapat arahan dan mampu untuk merancang rencana strategik. Misi adalah alasan keberadaan dari suatu organisasi yang dapat menunjukkan identitas organisasi. Sedangkan visi adalah kondisi yang ingin dicapai organisasi di masa depan dalam jangka pajang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan melakukan wawancara semi terstruktur pada anggota organisasi. Langkah-langkah perumusan misi dan visi pada penelitian ini mengacu pada konsep tahapan perumusan misi dan visi oleh Srinivasan (2014). Hasil dari penelitian ini adalah pernyataan misi, visi dan nilai organisasional dengan harapan dapat membantu organisasi dalam keputusan strategik.

Mission and important vision for business grow and develop. Mostly, mission and vision could only be found in large companies, however, the concept of mission and vision can be applied to small businesses. This study examined Nadiraa, SME which still have not articulate a mission and vision statement. The lack of mission and vision made Nadiraa constrained designing a strategic plan. This study aims to formulate the right mission, vision and value for Nadiraa that will benefit organizations to get better development direction and able to design a strategic plan. Mission is the reason for the existence of an organization and could show organizational identity. While the vision is a condition to be achieved or hoped for in the future. The method used in this study is a descriptive study by conducting semi-structured interviews in members of the organization. The steps for the formulation of mission and vision in this study refer to the concept of stages of mission formulation and vision by Srinivasan (2014). The results of this study are mission statements, visions and organizational values in hopes of helping organizations to develop strategic plan.

Kata Kunci : Mission, Vision, Organizational Values

  1. S2-2021-320333-bibliography.pdf  
  2. S2-2021-432690-abstract.pdf  
  3. S2-2021-432690-bibliography.pdf  
  4. S2-2021-432690-tableofcontent.pdf  
  5. S2-2021-432690-title.pdf