PENGARUH MOTIVASI PERJALANAN, GETOK TULAR ELEKTRONIK, DAN RISIKO PERJALANAN TERHADAP NIAT BERLIBUR: CITRA DESTINASI SEBAGAI PEMEDIASI
REGINA PURANA S R, Yulia Arisnani Widyaningsih, MBA, Ph. D
2021 | Tesis | MAGISTER SAINS MANAJEMENPenelitian ini berjudul Pengaruh Motivasi Perjalanan, Getok Tular Elektronik dan Risiko Perjalanan Terhadap Niat Berlibur: Citra Destinasi Sebagai Pemediasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh motivasi perjalanan dan risiko perjalanan terhadap niat berlibur. Penelitian ini juga menguji peran mediasi citra destinasi pada motivasi perjalanan, getok tular elektronik dan risiko perjalanan terhadap niat berlibur di era kenormalan baru (new normal). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh warga negara Indonesia yaitu wisatawan domestik Indonesia. Penelitian ini menggunakan data survei melalui daring dengan jumlah sampel 309 responden. Structural equation modelling-partial least square (SEM-PLS) versi 5.0 digunakan untuk mengelola data. Hasil analisis data, hasil pengujian menemukan bahwa motivasi perjalanan berpengaruh positif terhadap niat berlibur, serta risiko perjalanan berpengaruh negatif terhadap niat berlibur. Selanjutnya, penelitian ini menunjukkan citra destinasi memediasi secara lemah pengaruh antara motivasi perjalanan pada niat berlibur. Citra destinasi tidak menunjukkan memediasi pengaruh antara getok tular elektronik dan risiko perjalanan pada niat berlibur.
This research is entitled The Effect of Travel Motivation, Electronic Word of Mouth and Travel Risk on Vacation Intention: Destination Image as Mediator. The purpose of this study was to examine the effect of travel motivation and travel risk on vacation intentions. This study also examines the role of destination image mediation on travel motivation, electronic word of mouth and travel risk on vacation intentions in the new normal era. This study uses a quantitative approach. The population in this study were all Indonesian citizens, namely Indonesian domestic tourists. This study used survey data online with a sample size of 309 respondents. Structural equation modeling-partial least square (SEM-PLS) version 5.0 is used to manage data. The results of data analysis, the test results found that travel motivation has a positive effect on vacation intentions, and travel risk has a negative effect on vacation intentions. Furthermore, this study shows the image of the destination mediates the weak influence between travel motivation on vacation intentions. Destination images do not show mediating influence between electronic word of mouth and travel risk on vacation intentions.
Kata Kunci : Kata Kunci: Motivasi, Risiko, Getok Tular Elektronik, e-WOM, Citra Destinasi, Niat Berlibur.