Analisis Disaster Recovery Plan studi kasus pada Grand Rohan Yogya dalam menghdapi situasi pandemi Covid-19
EZA PRASETYA, Luluk Lusiantoro, S.E., M.Sc., Ph.D.,
2021 | Tesis | Magister ManajemenPenelitian ini bertujuan untuk menganalisa proses persiapan bisnis usaha hotel halal dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19, mengevaluasi kelemahan, dan mengembangkan alternatif strategi yang dapat digunakan dalam menjaga kebelangsungan bisnis usaha. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti yaitu menggunakan wawancara dan observasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian ditranskripsi dan di-coding. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa dalam upaya menghadapi pandemi Covid-19, pengelola hotel melakukan penyesuaian sistem operasional agar jasa layanan hotelnya tetap dapat dilakukan. Upaya pemulihan produk halal pada hotel dilakukan dengan pemenuhan alat beribadah pada kamar hotel sesuai dengan permintaan pelanggan dan peniadaan alat ibadah berupa karpet pada masjid, serta menyediakan supplier bahan makanan cadangan untuk memproduksi makanan halal pada restoran hotel. Penyesuaian sistem operasi yang dilakukan pelaku usaha hotel halal termasuk isu yang berkaitan dengan DRP sehingga akan mempengaruhi keberlanjutan bisnis usahanya. Selain itu, dalam pengelola hotel membentuk tim khusus yang bertugas untuk menaggulangi bencana pada masa pandemi Covi-19 yang diberi nama Satgas Covid-19. Dalam upaya menghadapi suatu gangguan, terdapat dua kelemahan yang diklasifikasikan yaitu pelatihan kebencanaan pada saat pandemi Covid-19 tidak dilakukan dikarenakan untuk saat ini Grand Rohan hanya fokus terhadap gangguan virus Covid-19 dan distribusi dokumen DRP telah dilaksanakan kepada setiap departemen di unit bisnis akan tetapi tidak dilaksanakan distribusi ulang kepada seluruh anggota departemen. Untuk meningkatkan strategi perencanaan pemulihan bencana tersebut, maka dibutuhkan alternatif strategi yang dapat dikembangkan dalam menghadapi situasi pandemi sehingga bisnis usahanya mampu berkelanjutan yaitu berupa strategi anti pandemi. Strategi anti pandemi tersebut diantaranya yaitu strategi kepemimpinan dan komunikasi, strategi sumber daya manusia, strategi penyediaan layanan, dan strategi tanggung jawab sosial perusahaan.
This study aims to analyze the process of preparing the halal hotel business in dealing with the Covid-19 pandemic situation, evaluating weaknesses, and developing alternative strategies that can be used to maintain business continuity. This study uses a qualitative method using a case study approach. The method of data collection carried out by the researcher is using interviews and observations. The data that has been collected is then transcribed and coded. Based on the research that has been done, it can be seen that in an effort to deal with the Covid-19 pandemic, hotel managers make adjustments to the operational system so that hotel services can still be carried out. Efforts to restore halal products at hotels are carried out by fulfilling worship tools in hotel rooms according to customer requests and eliminating worship tools in the form of carpets in mosques, as well as providing suppliers of spare food ingredients to produce halal food at hotel restaurants. Adjustments to the operating system carried out by halal hotel business actors include issues related to DRP so that it will affect the sustainability of their business. In addition, the hotel manager formed a special team tasked with dealing with disasters during the Covid-19 pandemic, which was named the Covid-19 Task Force. In an effort to deal with a disturbance, there are two weaknesses that are classified, namely disaster training during the Covid-19 pandemic because at this time Grand Rohan only focuses on the disruption of the Covid-19 virus and the distribution of DRP documents has been carried out to every department in the business unit redistribution to all members of the department. To improve the disaster recovery planning strategy, an alternative strategy is needed that can be developed in dealing with the pandemic situation so that the business can be sustainable, namely an anti-pandemic strategy. The anti-pandemic strategies include leadership and communication strategies, human resource strategies, service delivery strategies, and corporate social responsibility strategies.
Kata Kunci : Keberlangsungan Bisnis, Rencana Pemulihan Bencana, Hotel Halal, Strategi Anti Pandemi.