FORMULASI STRATEGI BERSAING PT HANSINDO MINERAL PERSADA DALAM INDUSTRI PERTAMBANGAN DI KALIMANTAN BARAT
IRMA CHRISTIANI, Amin Wibowo, S.E, M.B.A., Ph.D
2021 | Tesis | Magister ManajemenSumber daya mineral sebagai salah satu kekayaan alam Indonesia, terbukti telah memberikan peranan penting bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia dan juga memperbaiki kesejahteraan rakyat. Kalimantan Barat memiliki banyak sekali potensi bahan galian, salah satunya adalah batuan granit. Hal ini yang menyebabkan industri pertambangan di Kalimantan Barat sangat menarik. PT Hansindo Minera Persada adalah sebuah perusahaan yang dikenal sebagai perusahaan pertambangan di Kalimantan Barat yang memproduksi batuan granit. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk memformulasikan strategi bersaing yang tepat untuk diterapkan oleh PT Hansindo Mineral Persada. Maka dari itu, sehubungan dengan formulasi strategi bersaing bagi perusahaan, sangatlah penting mempertimbangkan beberapa faktor dinamis, seperti faktor eksternal dan internal. Penulis menggunakan analisis PESTEL, Five Forces Model dari Porter, dan Key Success Factor untuk menganalisis persaingan industri. Pendekatan fungsional digunakan untuk menganalisis lingkungan internal, serta SWOT Analysis untuk mengevaluasi kondisi perusahaan secara garis besar dalam industri. Berdasarkan hasil analisis lingkungan eksternal dan internal, selanjutnya dilakukan formulasi strategi bersaing yang tepat untuk PT Hansindo Mineral Persada menggunakan analisis strategi generik Porter. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu perusahaan untuk lebih maju kedepannya.
Mineral resource is one of the Indonesian natural resources that has proved to give some important roles for economic srowth of Indonesia and which in turn improving the prosperit of the people. West Kalimantan has a lot of potential for minerals, one of which is granite. This what makes the mining industry in West Kalimantan a very attractive industry. PT Hansindo Mineral Persada is a company that has been known as a mining company in West Kalimantan dealing with granite producing. The main objective of this research is to formulate competitive strategy to be applied by PT Hansindo Mineral Persada. Therefore, in terms of formulating competitive strategy, it is considerably important to take into account some dynamic factors either external or internal ones. The writer used PESTEL analysis, Five Forces Model of Porter's, and Key Success Factor to analyse industry's competition. Functional approach is used to analyse the internal environment, and SWOT analysis to evaluate general condition of the company in the industry. Based on the company's external an internal analysis, the appropriate competitive strategy formulation for PT Hansindo Mineral Persada was then formulated using Porter's generic strategy analysis. The results of this research are expected to help the company to be more advances in the future.
Kata Kunci : Strategi Bersaing, analisis PESTEL, analisis five forces, Key Success Factor, SWOT Analysis, PT Hansindo Mineral Persada