Laporkan Masalah

Daya Saing Kopi Indonesia di Pasar Internasional

ERNES SEPTINA AZIZI, Prof. Dr. Ir. Dwidjono Hadi Darwanto, MS. ; Arini Wahyu Utami, S.P.,M.Sc.,Ph.D.

2021 | Tesis | MAGISTER EKONOMI PERTANIAN

Kopi merupakan salah satu komoditas unggulan yang memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi, terutama dalam mendukung peningkatan ekspor non-migas di Indonesia dan sebagai penghasil devisa negara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur pasar dan daya saing kopi Indonesia di pasar internasional serta menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi nilai ekspor kopi Indonesia di negara tujuan selama periode 1989 - 2019. Metode analisis yang digunakan adalah Concentration Ratio (CR4) dan Herfindahl Index (HI) untuk menganalisis struktur pasar. Revealed Comparative Advantage (RCA), Export Product Dynamic (EPD), dan X-Model Potential Export Product untuk analisis daya saing. Gravity Model untuk analisis faktor-faktor yang mempengaruhi nilai ekspor kopi Indonesia. Hasil analisis struktur pasar dengan metode CR4 menunjukkan komoditas kopi di pasar internasional memiliki struktur pasar oligopoli dan metode HI menunjukkan komoditas kopi memiliki struktur pasar yang kompetitif. Hasil analisis daya saing dengan metode RCA menunjukkan bahwa tidak semua kode HS untuk kopi Indonesia dan negara pesaing memiliki keunggulan komparatif. Hasil dari metode EPD menunjukkan bahwa untuk semua kode HS kopi Indonesia dan negara pesaing memiliki posisi rising star. Hasil dari metode X-Model menunjukkan bahwa Indonesia dan negara pesaing memiliki perkembangan pasar kopi yang optimis. Hasil dari gravity model menunjukkan bahwa variabel GDP Negara Indonesia, GDP negara tujuan, populasi negara tujuan dan nilai tukar rill efektif negara tujuan berpengaruh signifikan terhadap nilai ekspor kopi Indonesia.

Coffee is one of the most important commodities that have an important role in economic growth, especially in supporting the increase of non-oil exports in Indonesia and as a foreign exchange earner. The purpose of this article is to analyze market structure, competitiveness of Indonesian coffee in international market and to analyze factors that affect the value of Indonesian coffee exports in destination countries during period 1989 - 2019. Concentration Ratio (CR4) and Herfindahl Index (HI) were applied for analyze market structure. Revealed Comparative Advantage (RCA), Export Product Dynamic (EPD), X-Model Potential Export Product for analysis competitiveness. Gravity Model for analyze factors that affect the value of Indonesian coffee exports in destination countries. Result of market structure analysis with CR4 method shows that coffee commodities in the international market have an oligopoly market struktur and the HI method shows that coffee commodities have a competitive market structure. The result for analyzed for competitiveness with RCA method is that not all HS codes for Indonesian coffee and competing countries have comparative advantage. The result of EPD method is show that for all HS codes Indonesian coffee and competing countries have a rising star position. The result of X-Model method is that the Indonesia and competitors countries have an optimistic coffee market development. The result of gravity model show that the variables of Indonesia's GDP, destination country's GDP, destination country's population and the effective real exchange rate of destination countries have a significant effect on the value of Indonesian coffee exports.

Kata Kunci : Daya Saing, Export Product Dynamic, Model Gravitasi, Revealed Comparative Advantage, Struktur Pasar.

  1. S2-2021-448845-abstract.pdf  
  2. S2-2021-448845-bibliography.pdf  
  3. S2-2021-448845-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2021-448845-title.pdf